oleh

Kunjungi Korban Banjir, Bupati Salurkan Bantuan

LINGGAU POS ONLINE, STL ULU – Meski sedang mendapatkan musibah, namun senyum gembira di wajah ratusan warga di Desa Sukamana dan Desa Sukamerindu, Kecamatan STL Ulu Terawas, berseri. Saat Bupati Musi Rawas (Mura), H Hendra Gunawan berkunjung ke desa mereka.

Mengawali kunjungannya, Bupati menghampiri warga Desa Sukamana, disambut antusias warga yang berbondong-bondong ingin bersalaman.

Kemudian dilanjutkan ke Desa Sukamerindu, menyalurkan beras sebanyak 1,6 ton kepada dua desa tersebut. Bantuan ini ditujukan untuk 800 jiwa warga, dengan rincian warga Desa Sukamerindu 430 jiwa dan warga Desa Sukamana 370 jiwa.

Tak hanya itu, Bupati juga menghibur warga dengan memberikan hadiah kepada setiap warga, yang bisa mengulangi pantun yang diucapkan bupati.

Di hadapan ratusan warga, Bupati juga menyampaikan permohonan maaf. Karena baru bisa menyempatkan diri untuk hadir di tengah- tengah masyarakat, dan bersilaturahim dengan warga yang sedang mendapatkan musibah ini.

“Saya meminta warga tetap bersabar dan selalu bersukur. Serta tidak putus asa, atas musibah yang menimpa saat ini,” kata Bupati Mura, H Hendra Gunawan, Kamis (31/5).

Terhadap sejumlah infrastruktur yang mengalami kerusakan akibat dampak dari banjir itu, bupati meminta kepada dinas terkait agar segera menginventarisir dan mengambil langkah perbaikan.

“Saya meminta antisipasi perbaikan, kemungkinan banjir di tahun- tahun berikutnya, seperti dengan pembangunan embung ,” ungkap Hendra, sapaan akrabnya.

Usai berdialog dan menghibur warga, H Hendra Gunawan beserta rombongan. Terdiri Asisten III Edi Iswanto, Camat STL Ulu Terawas Syarifuddin, Kapolsek Terawas Iptu Haerudin dan tiga anggota DPRD Mura Mulyadi, Effendi Wandaria dan M Rasid.

Mereka langsung menuju sejumlah lokasi titik banjir, dan melihat kondisi talud sepanjang kurang lebih 100 meter yang hancur, akibat diterjang arus Sungai Lakitan yang meluap di Desa Sukamerindu.

Sementara itu Kades Sukamerindu, Heriyanto mengucapkan terima kasih kepada Bupati Musi Rawas dan jajarannya, yang telah berkunjung langsung ke desa mereka.

“Kami ucapkan selamat datang, dan kunjungan bupati ke desa kami ini, membuat kami merasa sangat dihargai dan diperhatikan,” kata Heriyanto.

Dikatakan Heriyanto, akibat banjir menimpa desanya itu membuat aktivitas warga lumpuh total selama dua hari.

“Saat ini airnya sudah surut, tapi dampak dari banjir ini hingga sekarang kami belum bisa bekerja mencari nafkah, meskipun untuk sekedar membeli beras kami masih bisa,” ungkao Yanto, sapaan akrabnya.

Dijelaskan Yanto, banjir melanda desanya menimbulkan kerugian cukup besar. Yakni hancurnya talud sepanjang 100 meter yang berfungsi menahan arus air Sungai Lakitan. Jika tidak segera diperbaiki, akan berdampak putusnya jembatan yang ada di desa itu, sebagai akses warga pergi ke kebun.

“Banjir ini bukan kali pertama terjadi, tapi setiap dua atau tiga tahun pasti terjadi. Bedanya, jika tahun- tahun sebelumnya banjir cepat surut, tapi kali ini hingga dua hari air baru surut kembali,” terang Yanto.

Tambah Yanto, banjir melanda Desa Sukamerindu ini, sudah sering terjadi sejak jaman nenek moyang mereka. (04)

Rekomendasi Berita