oleh

Kumpulkan Uang Biaya Anak Sekolah

Yanto si Penyapu Jalan

Mungkin bagi sebagian masyarakat berada di seputaran Komplek Agropolitan Center, penyapu jalanan, Yanto sudah tidak asing lagi. Karena sudah mengabdikan diri sejak 2007.

Laporan Suwito, Muara Beliti

Di balik kesibukan aktivitas kantor di Komplek Perkantoran Agropolitan Center, Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, terlihat seorang laki-laki. Setiap harinya melakukan tugas sebagai penyapu jalan.

Yanto sendiri tinggal di Desa A Widodo, karena sudah merasa bahwa apa yang dilakukannya saat ini mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Saya sudah mulai bekerja di sini sejak 2007 lalu. Pada saat itu perkantoran di sini baru saja dibentuk. Alhamdulillah berkat kerja keras saya bisa bertahan hingga sekarang,” ucap Yanto saat ditemui, Senin (20/11) sekitar pukul 10.00 WIB.

Pria berperawakan sedang dengan kulit sawo matang mengaku selain menyapu jalanan juga mencari barang bekas. Agar uang yang didapatkan cukup untuk menyekolahkan dua anaknya. Dan untuk membayar uang kontrakan.

“Hasil dari jual barang bekas cukup juga untuk menambah biaya hidup keluarganya terkadang sehari terkumpul dari Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu per hari,” ungkap Yanto.

Bahkan, lanjutnya, kalau lagi beruntung bisa mencapai Rp 80 ribu per hari, saya berharap walaupun bekerja seadanya dapat menyekolahkan kedua anaknya sampai jenjang sarjana.

“Cita-cita saya ini ingin menjadikan dua anak saya sarjana dan bisa memenuhi keinginannya dan nantinya tidak seperti saya. Dengan memakai seragam yang rapi dan bersih,” imbuhnya.

Walaupun pada dasarnya, anaknya tidak banyak menuntut karena mengerti penghasilan orang tuanya.

“Saya berharap kedepan kehidupan saya ini bisa berubah. Minimal bisa memiliki rumah sendiri dan juga memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak saya,” tutupnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita