oleh

Kuatkan Pendidikan Karakter Melalui Pramuka

LINGGAU POS ONLINE, AIR SATAN – Kepala SMPN Air Satan, Sumadi melantik anggota ekstrakurikuler Pramuka periode 2018-2019, Minggu (30/9). Pelantikan itu disaksikan oleh Pembina Ekstrakurikuler Pramuka, Bayu Marwoto dan Ibu Hana Noviantini, serta 100 peserta didik ekstrakulikuler Pramuka baik kelas VII, VIII dan IX di halaman sekolah.

“Ekstrakulikuler Pramuka kita sudah berdiri sejak 2013. Dan kami memiliki 100 anggota dengan nomor Gugus Depan (Gudep) 01-047/01-048,” ungkap Sumadi, kemarin.

Sumadi juga memberikan materi tentang penguatan pendidikan karakter melalui Pramuka bisa menciptakan siswa-siswi yang berkarakter, religius, nasionalisme, gotong royong serta berintegritas

Sumadi juga berharap sasaran keberhasilan yang dicapai dalam mengikuti kePramukaan adalah semoga siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini dapat menambah pemaksimalan karakter dan kemampuan mental, fisik dan pengetahuan siswa, serta sebagai tambahan pengalaman bagi mereka, serta menjunjung tinggi tata tertib sekolah dan dapat menjadi contoh bagi siswa-siswi lainnya.

Selain itu, pembina Pramuka SMPN Air Satan Hana Nopiantini didampingi Marwoto menjelaskan bahwa dalam mengikuti ekstrakulikuler Pramuka dapat meningkatkan keterampilan, kekompakan, persahabatan, serta rasa tanggung jawab dan siswa mampu menunjukkan sebuah karakter disiplin yang tinggi. Karena sesuai dengan apa yang dikatakan Presiden RI bahwa gerakan Pramuka berperan pembangunan karakter anak muda bangsa Indonesia.

“Semoga anak-anak muda yang gabung di gerakan Pramuka, khususnya siswa-siswi SMPN Air Satan dapat menyiapkan diri untuk menjadi generasi muda Indonesia yang kuat, tangguh, produktif, penuh optimisme, serta memiliki daya juang yang tinggi,” jelas Hana.

Untuk diketahui bahwa, kegiatan Pramuka merupakan kegiatan Ekstrakurikuler wajib yang dilaksanakan berdasarkan amanah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 63 Tahun 2014 tentang Kemendikbud RI. (adi)

Rekomendasi Berita