oleh

KTP-El dan KK Bisa Digunakan untuk Memilih

Komisioner KPU Mura Divisi SDM dan Parmas, Syarifudin
“Ingat, suara anda menentukan masa depan kita bersama. Jadi, gunakan hak pilih anda pada 17 April 2019………”

LUBUKLINGGAU – KPU Kota Lubuklinggau memastikan semua warga Kota Lubuklinggau yang sudah mempunyai hak pilih, bisa menggunakan suaranya di Pemilu 2019.

Asalkan, masyarakat tersebut warga Kota Lubuklinggau yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) dan Kartu Keluarga (KK). Hal ini, telah diatur dalam draf Peraturan KPU Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019.

Demikian, disampaikan Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi Teknis, Bambang Irawan, Kamis (24/1) di ruang kerjanya.

Menurut Bambang, penggunaan KTP-El dan KK tersebut hanya bisa dilakukan di daerah sesuai dengan domisili di KTP-El dan KK. Misalnya, pemilih berdomisili di Kelurahan Megang, harus menggunakan suaranya di Kelurahan Megang, tidak boleh di kelurahan lain.

Kemudian, waktu pencoblosan juga tidak sama dengan pemilih yang dapat undangan, karena waktu memilihnya dimulai pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB.

“Itu merupakan alternatif terakhir, untuk masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019,” kata Bambang Irawan.

Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir akan kehilangan hak pilihnya, asalkan terdaftar sebagai warga Kota Lubuklinggau yang dibuktikan dengan KTP-El dan KK.

Namun, alangkah baiknya bila saat ini masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih, tapi belum terdaftar di Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan tahap dua (DPTHP-2). Melapor ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), atau ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), bisa juga langsung ke KPU. Agar, dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“Mestinya, melapor agar kami bisa melakukan pendataan. Sehingga, kedepan tidak ada lagi masyarakat yang tidak bisa memilih karena tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Bahkan, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Lubuklinggau yang sudah mempunyai hak pilihnya, terutama yang sudah terdaftar di DPTHP-2, untuk menggunakan hak suaranya di Pemilu 2019 mendatang. Sebab, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan, karena satu suara akan menentukan masa depan daerah di lima tahun kedepan.

“Jangan main-main dengan hak suara, karena satu suara anda menentukan masa depan daerah lima tahun kedepan,” ujarnya.

Sementara itu Komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) Divisi SDM dan Parmas, Syarifudin juga mengatakan hal yang sama, yakni mengimbau masyarakat untuk berperan aktif dalam suksesi Pemilu 2019.

“Ingat, suara anda menentukan masa depan kita bersama. Jadi, gunakan hak pilih anda pada 17 April 2019,” katanya. (aku)

Rekomendasi Berita