oleh

KPU Verifikasi Faktual DPC Perindo

Ketua PDC Partai Perindo Muratara, Afrizal
“Kami selalu dituntut baik oleh DPD Provinsi maupun DPP Perindo, untuk melengkapi apapun yang menjadi persyaratan peserta pemilu dan Pilleg 2019….”

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Sebagaimana tindak lanjut pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden RI, dan juga Pemilihan Legislatif tahun 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muratara melakukan verifikasi faktual kepada sejumlah Partai Politik (Parpol) yang secara administrasi dinyatakan lengkap oleh KPU RI.

Kali ini, KPU yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Muratara, Agus Mariyanto bersama anggota, Busairi, Bairizal, Abdul Halim, Netty Herawati melakukan verifikasi ke DPC Partai Perindo Kabupaten Muratara.

Agus Mariyanto mengungkapkan, dalam rangkaian verifikasi terhadap Partai Politik (Parpol) yang secara administrasi dinyatakan lulus oleh KPU RI, sehingga saat ini dilakukan verifikasi faktual oleh seluruh KPU baik, kota dan kabupaten.

“Verifikasi faktual DPC Partai Perindo ini merupakan yang ketiga dari sebelumnya Partai PKS, Partai Demokrat, selanjutnya ke Partai PDIP,” kata dia, Selasa (19/12).

Agus Mariyanto menjelaskan, untuk masa verifikasi faktual ini sampai Tanggal 4 Januari 2018 mendatang, dengan melakukan pengecekan dan pencocokan langsung berupa tiga dokumen yakni, kepengurusan, kantor sekretariat berupa papan nama Parpol, struktural kepengurusan dan keterwakilan perempuan dalam kepengurusan.

Mengenai hasil verifikasi, Untuk DPC Partai Perindo dokumen yang diperiksa sudah sesuai dengan data yang dikirimkan oleh KPU RI. Karena pihaknya mengkroscek data dari DPP Parpol yang disampaikan ke KPU RI.

“Kalau verifikasi faktual keanggotaan Parpol dilakukan anggota tim KPU, sesuai dengan data yang mereka sampaikan ke KPU RI dan masuk dalam data Sipol yang kemudian diturunkan ke daerah untuk dilakukan faktualisasi kebenarannya,” sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk tahapan administrasi ada 12 Parpol yang lulus, sepuluh partai lama sementara untuk partai baru, Perindo dan PSI. Sementara untuk Partai Berkarya dan Garuda masih proses hukum ke Bawaslu.

“Tapi kami hanya melakukan verifikasi kepada 12 Partai yang sudah dinyatakan lulus secara administrasi,” tambahnya.

Setelah ini, yakni 23, 24 Desember 2017 ada masa pengembalian berkas Parpol yang diputuskan oleh Bawaslu, untuk di Kabupaten Muratara ada PBB,PKPI,Idaman dan PK dan akan dilakukan verifikasi faktual kembali ke Parpol tersebut.

“Untuk hasil ketiga Parpol yang sudah dilakukan verifikasi faktual sesuai dengan tiga item tadi semuanya sudah sesuai bahkan untuk keterwakilan perempuan, sudah melebihi batas yang ditetapkan yakni 30 %, dan untuk Partai Perindo sudah kooperatif dan aktif berkoordinasi dalam hal mencari aturan terbaru,” terang Agus Mariyanto.

Dirinya mengimbau agar pengurus partai maupun bakal calon legislatif untuk memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat sehingga partisipasi masyarakat dalam pemilu mendatang tinggi.

“Kami harus merangkul entitas masyarakat untuk menggunakan hak suara merasa. Begitu juga kami berharap seluruh pengurus partai dan calon melakukan pendidikan politik kepada masyarakat. Sehingga partisipasi pemilih tinggi,” imbaunya.

Ketua PDC Partai Perindo Kabupaten Muratara, Afrizal menjelaskan, dalam pelaksanaan verifikasi faktual ini pihaknya sudah menyiapkan apa yang dibutuhkan sesuai peraturan yang ada.

“Kita sudah menyiapkan apa yang menjadi persyaratan sebagai peserta pemilu dan Pileg 2019 mendatang, mulai dari dokumen maupun papan merek, struktur organisasi dan pemenuhan keterwakilan perempuan, alhamdulillah semua sudah terpenuhi seusai dengan apa yang seharusnya, “ucapnya kemarin.

Afrizal menambahkan, mengingat Partai Perindo baru sehingga dirinya lebih ekstra dalam memenuhi ketentuan yang harus dipenuhi.

“Kami selalu dituntut baik oleh DPD Provinsi maupun DPP, untuk melengkapi apapun yang menjadi persyaratan peserta pemilu dan Pileg 2019, sekecil apapun yang dibutuhkan untuk proses verifikasi ini kami tindak lanjuti,” imbuhnya. (07)

Komentar

Rekomendasi Berita