oleh

KPU Umumkan Syarat Calon Perseorangan

Belum Ada Kandidat yang Berkoordinasi

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubuklinggau, telah mengumumkan syarat-syarat untuk maju lewat jalur perseorangan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018. Namun, sejak diumumkan dua hari lalu, yakni Kamis (9/11) belum ada satu pun kandidat yang berkoordinasi ke KPU, mengenai syarat maju lewat jalur perseorangan.

“Kami (KPU, red) siap untuk menjelaskan secara rinci ke kandidat yang ingin maju lewat jalur perseorangan, karena kami memang bertugas untuk menjelaskan itu ke kandidat,” kata Divisi Teknis KPU Lubuklinggau, Gatot Widjianto.

Menurut Gatot, syarat dukungan untuk kandidat yang akan maju lewat jalur perseorangan harus mendapat dukungan dari 15.470 masyarakat, itu sesuai dalam Peraturan KPU No. 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan.

“Kita belum bisa memprediksikan apakah ada atau tidak kandidat yang maju lewat jalur ini, karena waktu penyerahan dukungan masih cukup lama yakni 25-29 November,” jelasnya.

Namun, dilanjutkan Gatot, kalau sampai waktu itu tidak ada yang menyerahkan syarat dukungan, sudah dipastikan tidak ada kandidat yang maju lewat jalur perseorangan di Pilkada Lubuklinggau.

“Saat penyerahan syarat dukungan, tim akan melakukan verifikasi dukungan yang diperoleh kandidat,” kata Gatot.

Bila hasil verifikasi Tidak Memenuhi Syarat (TMS), maka berkas akan dikembalikan ke kandidat. Tapi, bila berkasnya dinyatakan Memenuhi Syarat (MS), maka ketika dibukanya masa pendaftaran oleh KPU Lubuklinggau, kandidat yang bersangkutan bisa mendaftar berbarengan dengan kandidat yang daftar lewat jalur Partai Politik (Parpol).

Maka, dirinya menghimbau kepada seluruh kandidat yang mempunyai keinginan untuk maju di Pilkada lewat jalur perseorangan, untuk menyerahkan syarat dukungan sesuai dengan waktu yang sudah di tetapkan.

“Kalau bisa, ketika dibuka masa penyerahan dukungan, langsung serahkan ke KPU, agar memiliki waktu untuk perbaikan. Misalnya, penutupan masa penyerahan dukungan yakni 29 November, saat di verifikasi melalui hardcopy dan softcopy ada berkas yang kurang, bisa dipastikan kandidat yang bersangkutan tidak bisa maju lewat jalur perseorangan , karena masanya sudah habis,” ungkapnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita