oleh

KPU Umumkan DPT Pemilu 2019

..kita berharap setelah DPT diumumkan masyarakat maupun seluruh elemen dapat proaktif mengecek namanya di lokasi pengumuman. Bila belum terdaftar diharapkan melapor ke PPS, PPK atau KPU dengan catatan memperlihatkan KTP supaya secepatnya diakomodir…

Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi Program dan Data, Efrizal

Masyarakat Diminta Proaktif

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – KPU Kota Lubuklinggau akan mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2019. Pengumuman mengacu pada Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019.

Pengumuman mulai dilakukan pada 28 Agustus 2018 hingga 16 April 2019. Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi Program dan Data, Efrizal mengatakan, pihaknya bahkan sudah mencetak hardcopy DPT. Maka, secepatnya akan diserahkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), untuk diumumkan di kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Lubuklinggau.

Jumlah masyarakat yang terdaftar di DPT sebanyak 159.619 jiwa, dengan rincian Kecamatan Lubuklinggau Barat I berjumlah 25.809 pemilih, di Kecamatan Lubuklinggau Barat II berjumlah 15.088 pemilih, di Kecamatan Lubuklinggau Selatan I berjumlah 11.097 pemilih, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II berjumlah 21.481 pemilih. Kemudian di Kecamatan Lubuklinggau Utara I berjumlah 12.380 pemilih, Kecamatan Lubuklinggau Utara II berjumlah 28.234 pemilih, di Kecamatan Lubuklinggau Timur I berjumlah 22.548 pemilih, dan di Kecamatan Lubuklinggau Timur II berjumlah 22.982 pemilih.

Menurut Efrizal, selama proses pengumuman jumlah DPT bisa bertambah, bila ada warga pemilih yang melaporkan diri ke KPU lantaran tidak masuk di DPT yang telah diumumkan. Dengan melapor ke PPS, PPK atau langsung ke KPU Kota Lubuklinggau.

“Jadi kita berharap setelah DPT diumumkan masyarakat maupun seluruh elemen dapat proaktif mengecek namanya di lokasi pengumuman. Bila belum terdaftar diharapkan melapor ke PPS, PPK atau KPU dengan catatan memperlihatkan KTP supaya secepatnya diakomodir,” katanya.

Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Agus Maryanto mengatakan kalau pihaknya sudah menyerahkan hardcopy DPT ke PPS melalui PPK. Jumlah DPT Kabupaten Muratara sebanyak 147.533 jiwa.

Menurut Agus sapaan akrabnya, masyarakat harus proaktif melihat pengumuman yang disampaikan KPU Kabupaten Muratara. Dengan melihat pengumuman yang sudah disampaikan, ketika mendapati namanya belum terdaftar dalam DPT secepatnya melapor ke PPS, PPK atau langsung ke KPU Kabupaten Muratara dengan melampirkan KTP Elektronik (KTP-El).

“Kami akan menjaga hak pilih setiap masyarakat Kabupaten Muratara, demi kemajuan bersama,” jelasnya.

Komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) Divisi Teknis, Supriadi menjelaskan pihaknya juga akan mengumumkan DPT sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Jumlah DPT Kabupaten Mura sebanyak, sebanyak 285.535 jiwa, dengan rincian 145.195 jiwa laki-laki dan 140.340 perempuan.

“Masyarakat diharapkan pro aktif untuk melihat pengumuman DPT. Bila belum terdaftar segera melapor ke penyelengara pemilu terdekat,” jelasnya. (01)

Rekomendasi Berita