oleh

KPU Tunda Penetapan Caleg Terpilih

LINGGAU POS ONLINE – Proses penetapan nama-nama anggota DPRD terpilih periode 2019-2024, terpaksa ditunda. Pasalnya, walaupun di wilayah Kota Lubuklinggau tidak ada gugatan dari peserta Pemilu 2019 terkait hasil rekapitulasi yang sudah dilakukan KPU Kota Lubuklinggau. Padahal, KPU Kota Lubuklinggau telah menjadwalkan penetapan nama-nama para legislator tersebut pada Kamis (4/7) sekitar pukul 08.00 di Hotel SMart.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Topandri mengatakan kalau pihaknya menunda proses rapat pleno penetapan Calon Legis Latif (Caleg) terpilih, karena ada petunjuk dari KPU RI melalui grup WhatsApp. Padahal, sebelumnya KPU Kota Lubuklinggau telah rapat koordinasi dengan mengundang perwakilan dari Partai Politik (Parpol).

“Memang kita sudah siap untuk melaksanakan penetapan. Bahkan, undangan telah kita sebar. Tapi, karena ada petunjuk dari KPU RI, maka proses penetapan terpaksa ditunda,” kata Topan, Rabu (3/7).

Ia menjelaskan, berdasarkan petunjuk yang disampaikan oleh KPU RI tersebut, dasar penetapan merupakan surat dari Mahkamah Konstitusi (MK), terkait gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU). Selanjutnya, daerah yang tidak ada PHPU bisa melakukan rapat pleno penetapan nama-nama para legislator yang akan menjalankan tugasnya pada lima tahun kedepan.

“Setelah ditetapkan, nama-nama dari para legislator ini akan kita sampaikan ke pemerintah daerah, untuk dilakukan pelantikan sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Diketahui, meskipun belum ada penetapan secara resmi dari KPU Kota Lubuklinggau, terkait perolehan kursi dan Caleg terpilih, tiap Parpol sudah bisa memperhitungkan perolehan kursinya dan nama-nama siapa saja yang menduduki kursi dewan.

Dari 30 kursi yang ada, Partai Golkar, Gerindra dan PDIP masing-masing dapat 5 kursi, kemudian PKS dapat 4 kursi, NasDem dan Demokrat masing-masing 3 kursi. PKB dan PBB masing-masing 2 kursi, terakhir Hanura 1 kursi. (aku)

Rekomendasi Berita