oleh

KPU Tetapkan Nasib Oso Hari Ini

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) diminta segera melaksanakan putusan Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) nomor 008 terkait pencalonan Oesman Sapta Odang ( OSO) sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Putusan itu memerintahkan KPU untuk memasukkan nama OSO ke dalam daftar calon anggota DPD dalam Pemilu 2019.

Menanggapi hal itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mengaku bahwa pihaknya saat ini masih terus membahas sejumlah kebijakan terkait putusan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk memasukkan nama Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) tersebut ke dalam daftar calon tetap (DCT) di surat suara dalam calon anggota DPD.

KPU tengah menyusun redaksional keputusan mengenai pencalonan OSO yang diambil melalui rapat pleno. Dipastikan factual terkait sikap resmi kita belum ada, yang sudah ada keputusan rapat pleno yang sudah ada sejak senin (14/1) kemarin, kata Wahyu di Jakarta, Selasa (15/1).

Lanjut Wahyu menuturkan dalam pandangan pihaknya terkait dengan putusan Bawaslu yakni ditindaklanjuti paling lambat 3 hari kerja sejak salinan putusan diterima oleh terlapor. Sehingga, menurutnya, batas akhir sikap KPU terhadap putusan Bawaslu dikeluarkan besok (16/1).

Salinan putusan itu sendiri baru diterima KPU Jumat (11/1/2019) kemarin. Jadi besok aka nada pastinya, tandasnya.

Sebelumnya Ketua Bawaslu Abhan, mengaku hingga Selasa (15/1) kemarin pihaknya belum menerima pemberitahuan resmi dari KPU mengenai pelaksanaan putusan Bawaslu. “Kami meminta KPU untuk bisa sesegera mungkin melakukan eksekusi atas putusan kami,” kata Abhan di kantor Bawaslu.

Menurut Abhan, sesuai dengan bunyi Pasal 462 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, KPU RI, provinsi, dan kabupaten/kota wajib menindaklanjuti putusan Bawaslu RI, provinsi, dan kabupaten/kota paling lama tiga hari kerja sejak putusan dibacakan. Sedangkan putusan itu sendiri dibacakan oleh Bawaslu pada Rabu (9/1/2019).

Jika menggunakan hitungan tiga hari sejak putusan dibacakan, seharusnya KPU menindaklanjuti putusan Bawaslu Senin (14/1/2019).

Dirinya menambahkan, pihaknya hingga hari ini menunggu langkah KPU untuk menindaklanjuti putusan Bawaslu. “Kita bilang toleransi, tapi intinya kita tunggu hari ini,” tambahnya. (frs/fin)

Rekomendasi Berita