oleh

KPU Temukan 350 Data Ganda Eksternal

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong mencatat sekitar 350 data ganda eksternal atau ganda antar Partai Politik (Parpol).

Jumlah itu diketahui setelah petugas yang melakukan verifikasi faktual, yang merupakan bagian dari verifikasi administrasi faktual. Petugas ini turun ke lapangan untuk mengecek data-data yang dimasukan masing-masing Parpol.

Hal ini dikemukakan oleh Komisioner KPU Rejang Lebong, Fahamsyah pada Linggau Pos, Rabu (1/11).

“Sementara yang ditemukan ganda eksternal antar Parpol sekitar 350 buah tersebar di 15 kecamatan dalam Kabupaten Rejang Lebong dan dari jumlah tersebut mayoritas ada pada semua Parpol,” papar Fahamsyah.

Dari 350 data ganda eksternal, katanya, merupakan data-data Parpol terdiri dari KTA dan KTP.

“Kalau untuk data ganda internal lebih banyak, tapi saya lupa jumlahnya,” papar Fahamsyah.

Ia juga menambahkan, dalam verifikasi akan dilaksanakan hingga 4 November nanti, pihaknya menurunkan empat tim disebar ke sejumlah kecamatan untuk melakukan verifikasi faktual administrasi.

“Ada empat tim yang kita turunkan dan disebar ke sejumlah lokasi untuk melakukan verifikasi khususnya terindikasi adanya ganda eksternal tidak melibatkan Parpol, karena nanti yang ganda eksternal langsung diminta untuk menentukan atau memilih masuk partai mana,” tuturnya.

Meski banyak ditemukan data ganda, namun kedepan masih ada perbaikan-perbaikan yang harus dipenuhi oleh masing-masing Parpol.

“Nanti kan ada masa perbaikannya,” tutupnya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita