oleh

KPU Temukan 275 Orang Pengurus Parpol Ganda

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubuklinggau, menemukan 275 orang muncul dua sampai tiga kali di kepengurusan Partai Politik (Parpol) yang berbeda, dan itu dialami oleh semua Parpol yang sudah mendaftar ke KPU Lubuklinggau. Hal itu dikarenakan yang bersangkutan terdaftar sebagai anggota Parpol yang berbeda.

Divisi Hukum KPU Lubuklinggau, Lukman Hakim melalui Kasubag Hukum KPU Lubuklinggau Misran Ayudi mengatakan kegandaan tersebt di ketahui saat di kroscek dalam Sistem Informasi Parpol (Sipol).

“Tim kita sudah turun untuk mengkroscek kelapangan, dengan menanyakan langsung kepada yang bersangkutan,” kata Misran Ayudi, Selasa (7/11).

Menurut Yudi, dalam proses verifikasi, pengurus Parpol yang terdaftar di lebih dari satu Parpol, di minta untuk memilih salah satunya saja. Misalnya, ia terdaftar sebagai pengurus partai a dan partai b. Tim verifikasi akan meminta yang bersangkutan untuk memilih, apakah memilih sebagai pengurus partai a atau partai b, karena tidak boleh menjadi pengurus lebih dari satu Parpol.

“Hasil tim turun bermacam-macam, ada yang memilih jadi pengurus di salah satu Parpol. Ia diminta untuk membuat surat pernyataan kalau memilih Parpol tersebut. Maka, otomatis jumlah kepengurusan Parpol yang tidak dipilihnya akan berkurang,” jelas Yudi.

Bahkan, dilanjutkan Yudi, saat tim verifikasi kegandaan turun, ada masyarakat yang tidak ngaku sebagai pengurus Parpol. Maka, ia diminta membuat surat pernyataan, dan jumlah kepengurusan Parpol yang mendaftarkannya sebagai anggota berkurang.

“Hasil verifikasi ini akan kita serahkan ke LO atau penghubung Parpol pada 17 November mendatang, dan masa perbaikan mulai 18-24 November,”ungkapnya.

Ditambahkan Yudi, mengenai adanya Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI/Polri dan masih di bawah 17 tahun terdaftar dalam kepengurusan Parpol. Sudah di kroscek dalam Sipol saat pendaftaran, jadi ketika dilakukan verifikasi faktual yang seperti ini tidak di temukan lagi.

“Verifikasi hanya untuk yang ganda saja, karena pengurus Parpol yang masih berstatus PNS. TNI/Polri maupun berusia bawah 17 tahun, sudah dihapus saat pendaftaran Parpol,” ungkapnya.

Sekedar mengingatkan Parpol yang sudah mendaftar di KPU Lubuklinggau, yakni Partai Golkar, Partai Demokrat, PDIP, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanah Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Berkarya. Kemudian Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Kesatuan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Garuda. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita