oleh

KPU Sumsel Pinjam Logistik Pemilu ke KPU Linggau

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), pinjam logistik pemilu berupa kotak dan bilik suara ke KPU Kota Lubuklinggau, Rabu (2/5). Peminjaman logistik pemilu itu, untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2018 yang akan dilaksanakan Rabu, 27 Juni 2018.

Adapun rincian barang yang dipinjam tersebut berdasarkan Berita Acara (BA) Nomor: 83/TU.01.1-BA/1673/SEK-KOT/V/2018, yakni 419 kotak suara dan 796 bilik suara untuk KPU Kabupaten Muratara dan 24 bilik suara untuk KPU Kabupaten Musi Rawas.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sudah disiapkan satu truk untuk mengangkut logistik pemilu ke sekretariat KPU Muratara, di Desa Noman, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara.

Kasubag Umum dan Logistik KPU Provinsi Sumsel, Amlan menjelaskan dilakukannya peminjaman ini dikarenakan di Pilkada serentak 2018 tidak dianggarkan pengadaan kotak dan bilik suara, sebagaimana Pilkada 2015 lalu. Dan dipilihnya KPU Kota Lubuklinggau sebagai tempat peminjaman, karena letaknya tidak berjauhan dari dua KPU tersebut.

Ia mengatakan, ketika usai dilakukannya Pilkada nanti logistik yang di pinjam, akan dikembalikan lagi ke KPU Kota Lubuklinggau.

“Baik bilik maupun kotak suara akan dikembalikan lagi ketika usai dilakukannya pemilihan,” kata Amlan.

Ia melanjutkan, jumlah logistik yang dipinjam sesuai dengan kebutuhan, baik untuk Musi Rawas maupun Muratara, karena sesuai dengan estimasi yang sudah disampaikan oleh penyelenggara dua wilayah itu, ke KPU Provinsi Sumsel.

Di tempat yang sama, Kasubag Teknis KPU Kabupaten Muratara, Yasrin Abidin mengatakan semua logistik di 2015 lalu habis pakai. Jadi, untuk perhelatan Pilkada 2018, KPU Kabupaten Musi Rawas menyurati KPU Sumsel, karena tidak ada pengadaan logistik. (01)

Rekomendasi Berita