oleh

KPU Sosialisasikan DCT Caleg DPRD Kota Lubuklinggau

KPU Kota Lubuklinggau mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Jadi, sebelum menentukan pilihan tersebut masyarakat harus mengenali para calon yang akan dipilihnya. Termasuk profil dan track record para Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang akan mewakili konstituen pada empat Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di Kota Lubuklinggau.

Ketua KPU Lubuklinggau, Lukman Hakim didampingi Sekretaris KPU Lubuklinggau, H Trisko Defriansyah dan Kasubag Umum dan Logistik, Ruddy Wijaya menjelaskan Kota Lubuklinggau memiliki empat Dapil untuk Pileg 2019. Dapil ini, sama persis seperti Dapil pada Pemilu 2014 lalu, yakni Dapil I meliputi Kecamatan Lubuklinggau Barat I dan Barat II, kemudian Dapil II meliputi Kecamatan Lubuklinggau Utara I dan Utara II, selanjutnya Dapil III meliputi Kecamatan Lubuklinggau Selatan I dan Selatan II, dan Dapil IV  Kecamatan Lubuklinggau Timur I dan Timur II.

Kemudian, jumlah Caleg yang diajukan Parpol sesuai dengan alokasi kursi yang tersedia per-Dapil, seperti Dapil II maksimal Parpol bisa mengajukan 8 Caleg. Kemudian Dapil II, Parpol maksimal bisa mengajukan 7 Caleg, lalu Dapil III Parpol maksimal bisa mengajukan 6 Caleg. Serta Dapil IV Parpol bisa mengajukan 9 Caleg.

Sebelumnya, KPU juga telah menetapkan nama-nama para Caleg tersebut dalam rapat pleno terbuka penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

“Kami sudah mencetak dan memajang DCT Anggota DPRD Lubuklinggau setiap Dapil di Kantor KPU Lubuklinggau, jadi siapapun yang datang dapat melihat Caleg yang berkompetisi di Kota Lubuklinggau,” jelas Trisko.

Menurutnya, para Caleg maupun Parpol bisa melakukan sosialisasi tatap muka atau dialogis dengan masyarakat sebelum minggu tenang, karena saat minggu tenang kampanye masuk kategori pelanggaran Pemilu. (aku)

Rekomendasi Berita