oleh

KPU Siapkan Alat Berat

“Kita sudah melakukan koordinasi lintas sektoral, mulai pemerintah daerah Kabupaten Musi Rawas hingga aparat kepolisian, untuk memastikan logistik datang sesuai jadwal,” kata ketua KPU Kabupaten Musi Rawas, Ach Zaein.

Pendistribusian Logistik Pemilu

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura), Minggu (24/6) telah melakukan pendistribusian logistik Pilkada serentak 2018 untuk 14 kecamatan di Kabupaten Musi Rawas. Logistik yang meliputi kotak suara, kotak bilik, surat suara, alat pencoblosan, tinta papan dan juga ATK lainnya, diangkut menggunakan 14 mobil truk.

Pendistribusian logistik, diawasi langsung oleh Komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas, Ach Zaein, Dasril Ismail, M Hidayat, Efran Efriadi dan Supriadi, bahkan diiringi Panwascam dari masing-masing kecamatan, termasuk aparat kepolisian.

Logistik yang akan digunakan dalam pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) akan dibagikan ke 840 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 14 kecamatan di wilayah Kabupaten Musi Rawas.

Jumlah logistik yang sudah didistribusikan tersebut adalah, 854 kotak suara, 1.680 bilik suara, 284.007 surat suara, 840 tinta, 840 bantalan dan paku alat pencoblosan. Semua logistik yang didistribusikan itu sudah diperiksa dan dihitung oleh komisioner beserta sekretariat KPU Kabupaten Musi Rawas.

Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas, Ach Zaein menjelaskan untuk mengantisipasi terlambatnya kedatangan logistik pemilu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab Musi Rawas. Karena, ada beberapa daerah yang harus dilalui mobil yang membawa logistik berlumpur, seperti wilayah Kecamatan Muara Lakitan, Muara Kelingi dan BTS Ulu.

Menurut Ach Zaein, pada titik-titik itu Pemkab Musi Rawas sudah menyiapkan alat berat, dengan menginstruksikan Camat setempat standby. Untuk mengantisipasi kendaraan pembawa logistik pemilu terjebak lumpur. Namun, untuk pendistribusian logistik pemilu dari KPU Kabupaten Musi Rawas ke kantor Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dipastikan datang tepat waktu, karena tidak melalui jalur yang ekstrem tersebut.

“Untuk pendistribusian logistik dari KPU ke PPK aman, yang kita antisipasi itu pendistribusian logistik dari PPK ke PPS, serta dari PPS ke KPPS,”kata Ach Zaein, Minggu (24/6).

Selain itu, bila ada logistik pemilu yang mengalami kekurangan, PPK, PPS dan KPPS diinstruksikan untuk segera berkoordinasi dengan jajaran Panwaslu Kabupaten Musi Rawas, sesuai dengan tingkatannya. Koordinasi sesuai dengan tingkatannya yang maksud Ach Zaein itu adalah PPK koordinasi dengan Panwascam, PPS ke PPL dan KPPS ke Pengawas TPS dan dibuat Berita Acara (BA) logistik yang mengalami kekurangannya tersebut. Tapi, kalau ada kendala keamanan diinstruksikan koordinasi dengan aparat kepolisian.

“Semuanya sudah dikoordinasikan dengan baik, semoga proses pelaksanaan pendistribusian logistik ini berjalan dengan aman,” jelasnya.

Maka, pihaknya meyakini logistik akan berada di TPS selambat-lambatnya beberapa jam sebelum dimulainya pemungutan suara yang sudah dijadwalkan Rabu 27 Juni 2018 ini. (01)

Rekomendasi Berita