oleh

KPU Segera Tetapkan Pemenang Pilkada

“Bila dalam tiga hari setelah dilakukan rapat pleno tidak ada sanggahan, maka kita akan menetapkan pemenang Pilkada Lubuklinggau,” kata Komisioner Divisi Hukum Lukman Hakim.

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – KPU Kota Lubuklinggau dijadwalkan 4 Juli-6 Juli melakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada serentak 2018. Dikarenakan Kota Lubuklinggau menggelar dua ‘hajatan’ Pilkada, yakni pemilihan Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau serta pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel). Maka, rapat pleno tersebut dilakukan secara bergiliran, dimulai dengan penghitungan suara Pilgub yang dilanjutkan dengan Pilwako. Ini, disampaikan divisi Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim, Minggu (1/7).

Menurut Lukman Hakim, dilakukannya rapat pleno tersebut sesuai dengan tahapan yang diatur dalam peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara. Mengenai waktu pelaksanaannya akan dirapatkan terlebih dahulu dengan komisioner lainnya, termasuk mengenai ruangan yang akan digunakan untuk rapat pleno tersebut.

“Alhamdulillah, sejauh ini proses pemungutan dan penghitungan suara berjalan aman, tidak ada satu kendala apapun, mulai tingkat TPS hingga PPK, semoga berlanjut ke tingkat KPU,” kata Lukman Hakim.

Setelah dilakukan rapat pleno dan diketahui pemenangnya, maka KPU Kota Lubuklinggau memberikan waktu tiga hari kepada pasangan calon peserta Pilkada Lubuklinggau untuk melakukan sanggahan. Bila, sampai waktu yang ditetapkan semuanya peserta menerima, maka tepat tiga hari setelah pleno akan langsung ditetapkan pemenang Pilkada Lubuklinggau.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Agus Maryanto mengatakan tanggal 4 Juli KPU Kabupaten Muratara akan melakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara, untuk Pilgub Sumsel 2018. Untuk menghadapi itu, dilakukan rapat internal dengan seluruh anggota PPK, dalam rangka persiapan rekapitulasi penghitungan suara ditingkat KPU.

Sama halnya Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura), Ach Zaein mengatakan pihaknya juga akan melakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Sumsel 2018 Rabu 4 Juli 2018. Menghadapi rekapitulasi tersebut, sudah diinstruksikan kepada seluruh PPK untuk datang tepat waktu sesuai dengan yang sudah dijadwalkan. (01)

Rekomendasi Berita