oleh

KPU Rekrut Relawan Demokrasi

LUBUKLINGGAU – KPU Kabupaten/Kota setidaknya membutuhkan 55 relawan demokrasi, hal itu dilakukan untuk menyosialisasikan Pemilu 2019. Maka, KPU di Bumi Silampari akan merekrut relawan demokrasi.

Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Andre Affandi mengatakan, tujuan dibentuknya relawan demokrasi ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019.

Menurut Andre, nantinya para relawan demokrasi ini akan berperan aktif dalam menyosialisasikan setiap tahapan Pemilu 2019, yang sedang dilaksanakan KPU. Proses pembentukannya berdasarkan surat KPU RI nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019 tentang pembentukan relawan demokrasi pemilu serentak 2019. Para relawan demokrasi akan ditugaskan selama 3 bulan untuk menyosialisasikan setiap tahapan Pemilu 2019.

“Semoga dengan adanya relawan demokrasi partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak politik meningkat,” kata Andre Affandi.

Namun, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki para relawan demokrasi seperti memiliki kemampuan dalam melakukan sosialisasi, baik terhadap lingkungan sekitar maupun organisasi serta komunitas yang diikuti.

“Kami akan mengutamakan relawan demokrasi yang memiliki komunitas baik itu komunitas di media sosial, komunitas keagamaan, disabilitas maupun komunitas lainnya,” jelasnya.

Bahkan para relawan demokrasi ini nantinya akan mendapatkan honor per bulan, sebagai bentuk apresiasi KPU terhadap kinerja yang dilakukan mereka.

Hal yang sama, disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Syarifudin pihaknya juga akan melakukan perekrutan relawan demokrasi.

“Kami akan merekrut relawan demokrasi sesuai dengan petunjuk dari KPU RI,” kata Syarifudin.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Muratara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Netty Herawati mengatakan pihaknya juga akan melakukan perekrutan relawan demokrasi.

“Semoga, dengan direkrutnya relawan demokrasi, partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak politiknya meningkat,” harapnya.

Adapun syarat relawan demokrasi adalah, berusia minimal 17 tahun dan melengkapi berkas, fotokopi KTP, fotokopi ijazah minimal SMA sederajat, foto 4×6 sebanyak 4 lembar, Surat pernyataan tidak menjadi anggota Parpol dalam kurun 5 tahun terakhir. Kemudian, surat pernyataan kesediaan menjadi relawan demokrasi, surat keterangan terdaftar sebagai pemilih dari PPS, surat pernyataan tidak pernah di pidana, surat pernyataan bukan bagian dari penyelenggara pemilu, serta daftar riwayat hidup. (aku)

Rekomendasi Berita