oleh

KPU Rekrut 55 Relawan Demokrasi

EMPAT LAWANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang sedang menyeleksi pelamar yang akan direkrut menjadi Relawan Demokrasi. KPU membutuhkan 55 relawan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat tentang Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisioner KPU Kabupaten Empat Lawang, Abu Yamin saat dibincangi saat memverifikasi berkas pelamar, di KPU Empat Lawang, Rabu (16/1).

“Perekrutan Relawan Demokrasi ini merupakan program nasional. Soal jumlah setiap KPU berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Khusus KPU Empat Lawang merekrut 55 orang Relawan Demokrasi,” tutur dia.

Proses pendaftaran sudah dilakukan 13-16 Januari. Saat ini mulai proses verifikasi berkas.

“Sampai Rabu (kemarin,red) jumlah pelamar Relawan Demokrasi ada 49 orang dan sedang kita seleksi, dan apabila jumlah pelamar masih kurang dari yang dibutuhkan maka kami akan keluarkan kebijakan untuk menambah satu hari lagi. Namun kami yakin pelamar dari luar kecamatan masih akan bertambah,” imbuhnya.

Ia menerangkan, bagi pelamar yang dinyatakan lulus jadi Relawan Demokrasi, dibagi dalam 10 basis. Diantaranya basis pemilih keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marjinal, komunitas, keagamaan, dan warga internet.

“Setiap basis terdiri dari empat anggota yang akan dikontrak selama 3 bulan kerja dengan fasilitas honor Rp750 ribu per bulan. Saat bertugas, mereka akan dilengkapi dengan baju, rompi serta sertifikat,” tuturnya. (key)

Rekomendasi Berita