oleh

KPU Rakit Kotak Suara

MUSIRAWAS – Setidaknya 20 orang dilibatkan dalam perakitan kotak suara yang akan digunakan di Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura). Mereka akan merakit 5.840 kotak suara yang akan digunakan di 1.168 Tempat Pemungutan Suara (TPS), kotak suara yang dirakit berbahan duplex atau kardus. Perakitan mulai dilakukan Jumat (1/2) di gudang penyimpanan logistik yang sudah disediakan KPU Kabupaten Mura, tepat berada di sebelah kantor KPU.

Ketua KPU Kabupaten Mura, Anasta Tias mengatakan perakitan ditargetkan akan selesai dalam waktu sepekan. Ketika dalam perakitan ditemukan ada yang rusak akan dibuat Berita Acara (BA) dan dikoordinasikan ke KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk dilakukan penambahan, bila akibat kerusakan tersebut mengganggu proses pemungutan dan penghitungan suara yang akan dilakukan pada 17 April 2019 mendatang.

“Perakitan hari pertama berjalan lancar, dan kita belum menemukan kotak suara yang rusak. Bila ada yang rusak akan dibuat berita acara yang akan diserahkan ke KPU Provinsi,” kata Anas.

Menurutnya, persiapan logistik saat ini sudah mencapai 80 persen, yang belum didistribusikan tinggal beberapa item, seperti surat suara, formulir-formulir, hologram, dan alat bantu bagi disabilitas.

“Mengenai kekurangannya masih menunggu informasinya dari KPU Provinsi dan KPU RI. Dan di Kabupaten Mura setidaknya ada sekitar 382 pemilih berkebutuhan khusus,” ujarnya. (aku)

Rekomendasi Berita