oleh

KPU Pleno Dukungan Toyeb-Sofian

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, bakal menggelar rapat pleno terbuka hasil verifikasi faktual syarat dukungan perbaikan bakal Pasangan Calon (Paslon) perseorangan, H Toyeb Rakembang-Sofian, Kamis (8/2).

Ketua pokja pencalonan, yang merupakan Divisi Logistik KPU Kota Lubuklinggau, Efrizal menjelaskan, hasil akan diberikan kepada bakal Paslon perseorangan dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Kalau memenuhi syarat atau memenuhi kekurangan sebanyak 1.028, maka akan ditetapkan sebagai peserta Pilkada, berbarengan dengan kandidat yang maju lewat jalur Partai Politik (Parpol).

“Hasil pleno dari PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan, red) sudah diterima, dan besok akan dilakukan rapat pleno penghitungan secara keseluruhan. Kalau memenuhi syarat, akan ditetapkan sebagai peserta Pilkada,” kata Efrizal, Rabu (7/2).

Menurut Efrizal, nantinya hasil rapat pleno tersebut akan dituangkan dalam berita acara, salinannya diberikan ke bakal Paslon dan Panwaslu.

“Baik bakal Paslon maupun Panwaslu, akan diberikan berita acara hasil pleno, dan memang pleno ini terbuka untuk umum,” jelasnya.

Jadi untuk saat ini, dilanjutkan Efrizal, dirinya belum bisa mengetahui apakah dukungan dari H Toyeb Rakembang-Sofian sudah memenuhi syarat atau belum. Dikarenakan, KPU Kota Lubuklinggau belum melakukan rapat pleno.

Sekedar mengingatkan, Selasa (7/2), delapan PPK se-Kota Lubuklinggau telah melakukan rapat pleno, hasilnya dari 3.948 dukungan yang diserahkan H Toyeb Rakembang-Sofian 3.259 dukungan memenuhi syarat, dan 689 dukungan tidak memenuhi syarat.

Adapun rinciannya, untuk Kecamatan Lubuklinggau Utara I, dari 498 dukungan yang diserahkan 317 memenuhi syarat dan 181 tidak memenuhi syarat. Kecamatan Lubuklinggau Utara II, dari 515 dukungan yang diserahkan 466 memenuhi syarat dan 49 tidak memenuhi syarat. Kecamatan Lubuklinggau Timur I, dari 390 dukungan yang diserahkan 266 memenuhi syarat dan 124 tidak memenuhi syarat. Kecamatan Lubuklinggau Timur II, dari 508 dukungan yang diserahkan 397 memenuhi syarat dan 111 tidak memenuhi syarat. Kecamatan Lubuklinggau Barat I, dari 498 dukungan yang diserahkan 454 memenuhi syarat dan 44 tidak memenuhi syarat. Kecamatan Lubuklinggau Barat II, dari 342 dukungan yang diserahkan 244 memenuhi syarat dan 98 tidak memenuhi syarat. Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, dari 659 dukungan yang diserahkan 629 memenuhi syarat dan 30 tidak memenuhi syarat. Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, dari 538 dukungan yang diserahkan 486 memenuhi syarat dan 52 tidak memenuhi syarat. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita