oleh

KPU-Panwaslu Bersihkan APK

Memasuki Masa Tenang

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Memasuki minggu tenang kampanye, KPU Kota Lubuklinggau bersama Panwaslu Kota Lubuklinggau. Didampingi Sat Pol PP dan tiga tim pemenangan dari masing-masing Pasangan Calon (Paslon) Walikota-Wakil Walikoya Lubuklinggau, termasuk aparat kepolisian menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK), pukul 00.00 WIB, Minggu (26/6).

Pelepasan APK tersebut mengacu dalam peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye, di situ sudah dijelaskan mengenai minggu tenang mulai Minggu (24/6) sampai Selasa (26/6).

Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Lubuklinggau, Deby Arianto menjelaskan pihaknya sudah menginstruksikan seluruh anggota PPK dan PPS untuk melepaskan seluruh APK yang masih tersisa. Sebab, masa minggu tenang baik para Paslon dan Tim Sukses (Timses) tidak boleh mengadakan kampanye. Makanya, seluruh atribut kampanye yang terpasang di pinggir jalan dibersihkan saat masa tenang.

Menurut Deby Arianto, pembersihan bukan hanya untuk APK yang dipasang Timses Paslon saja, APK yang dipasang KPU juga harus bersih.

“Mulai dini hari tim menyisir sejumlah titik untuk menertibkan APK yang masih terpasang,” kata Deby Arianto, Minggu (24/6).

Menurut Deby Arianto, memang pembersihan tidak bisa dilakukan serentak, jadi kalau masih ada APK yang terpasang, baik PPK maupun PPS harus melepaskannya sesuai dengan wilayah kerjanya masing-masing. Misalnya, kalau masih ada APK yang terpasang di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Timur II, maka PPK Lubuklinggau Timur II beserta anggota PPS se-Kecamatan Lubuklinggau Timur II yang harus melepaskannya, termasuk di kecamatan lainnya.

Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Panwaslu Kota Lubuklinggau, Bahusi menjelaskan tim akan terus bekerja selama masa tenang kampanye, dengan menyisir seluruh wilayah terpasang APK. Baik yang dipasang Timses dari masing-masing Paslon maupun yang dipasang KPU Kota Lubuklinggau.

Menurut Bahusi, untuk APK yang terpasang dijalan protokol sudah ditertibkan, dan Panwascam bersama PPL sudah bergerak membersihkan wilayahnya masing-masing.

“Prinsipnya, seluruh Panwascam dan PPL sudah bergerak membersihkan wilayah masing-masing,” jelasnya.

Sebenarnya, Timses dari masing-masing Paslon Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau, sudah sepakat untuk membersihkan APK masing-masing. Seperti Rehan Akil mewakili Paslon nomor urut 1 H Toyeb Rakembang-Sofian, kemudian Karim Antoni mewakil Paslon nomor urut 2 H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar. Serta Hermansyah Unip mewakili Paslon nomor urut 3, H Rustam Effendi-Riezky Aprilia.

“Semua atribut kampanye Paslon akan dibersihkan, tanpa terkecuali,”tegasnya. (01)

Rekomendasi Berita