oleh

KPU Musnahkan 1.223 Lembar Surat Suara

“Surat suara dimusnahkan agar tidak disalahgunakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri.

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Ada 1.223 lembar surat suara dimusnahkan KPU Kota Lubuklinggau, Selasa (26/6), di halaman Kantor Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I. Tujuannya, supaya tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak berkepentingan, dan bisa memicu adanya saling curiga, tuduh yang berbuntut mengancam keamanan, ketertiban pelaksanaan Pilkada 2018.

Surat suara yang dimusnahkan, terdiri dari 404 lembar surat suara untuk pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel). Kemudian 819 lembar surat suara untuk pemilihan Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau, dengan rincian 100 lembar dimusnahkan PT Aksara Grafika Pratama, pemusnahannya direkam video. Kemudian, 506 lembar sisa surat suara setelah didistribusikan dan 213 lembar surat suara yang mengalami kerusakan.

Proses pemusnahan surat suara disaksikan langsung pihak-pihak yang terkait, mulai dari Kapolres Lubuklinggau AKBP Sunandar, diwakili Kasat Intel AKP Samsul, Kajari Lubuklinggau Hj Zairida. Kemudian, Walikota Lubuklinggau, diwakili Asisten II Setda Pemerintah Kota Lubuklinggau Rusli, dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Lubuklinggau, Mirwan Jaya Husein.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri mengatakan pemusnahan surat suara dilakukan setelah proses sortir sebanyak dua kali, dilanjutkan dengan pelipatan dan packing yang dilakukan tim KPU Kota Lubuklinggau sebelum dilakukannya pendistribusian logistik ke PPK.

“Pemusnahan surat suara dilakukan agar tidak disalahgunakan,” katanya.

Menurut Efriadi Suhendri, kategori surat suara yang rusak dan dimusnahkan itu ada yang terdapat goresan, titik maupun sobekan pada surat suara. Kemudian, gambar kurang cerah, salah cetak serta berbayang.

“Surat suara yang terdapat titik maupun goresan harus dipisahkan dan dimusnahkan, karena terindikasi mengarah ke pasangan calon tertentu,” jelasnya. (01)

Rekomendasi Berita