oleh

KPU Musi Rawas Ungkap Dua Pasangan Calon Independen

LINGGAUPOS.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musi Rawas mengungkapkan sudah menerima dua surat mandat Liaison officer (LO/Petugas Penghubung), dua pasangan bakal calon perseorangan (independen). Kedua pasangan itu, Akmaluddin dengan Triono dan pasangan Wazanazi Wahid dengan Hairul.

Divisi Sosialisasi Parmas SDM KPU Kabupaten Musi Rawas, Syarifudin, Selasa (11/2/2020) menjelaskan, kedua pasangan ini, sesuai dengan tahapan sudah bisa menyerahkan syarat dukungan, mulai Rabu (19/2/2020) sampai dengan Minggu (23/2/2020).

Masing-masing pasangan bakal calon, ditambahkan Syarifudin, minimal membutuhkan 24.612 dukungan melalui KTP. “Selain jumlah minimal tersebut, sebaran pendukung juga minimal tersebesar dari delapan kecamatan di Musi Rawas,” jelasnya.

Setelah pasangan bakal calon menyerahkan data dukungan ke KPU, dan dihitung jumlah minimum, barulah KPU akan melakukan verifikasi faktual ke rumah-rumah pendukung. “Jika setelah selesai verifikasi, kemudian dilaksanakan pleno secara berjenjang, mulai dari PPS, PPK dan KPU,” ia mengatakan.

Jika dalam hasil verifikasi dinyatakan memenuhi syarat, maka KPU akan menetapkan pasangan bakal calon berhak untuk mendaftarkan diri sebagai pasangan calon. “Sebaliknya jika tidak memenuhi, maka tidak bisa ikut mendaftar, bersamaan dengan pasangan calon yang diusung parpol,” jelasnya.

Pasangan bakal calon yang sudah gugur di jalur independen, tidak bisa beralih atau pidah ke sistem diusung parpol, begitu juga sebaliknya. “Kalau tidak lolos verifikasi, ya sudah tidak bisa. Walapun diusung parpol, dinyatakan tidak bisa,” tegasnya.(*)

Rekomendasi Berita