oleh

KPU Musi Rawas Sampaikan Nama Caleg Terpilih Kepada Bupati

LINGGAU POS ONLINE – Usai rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Pemilihan Umum Tahun 2019, secara maraton KPU Musi Rawas (Mura), Jumat (16/8/2018) menyerahkan salinan berkas calon terpilih (Calih) DPRD Mura periode 2019-2024 kepada Bupati Mura H Hendra Gunawan di ruang kerjanya.

Ketua KPU Mura, Anasta Tias, kepada Musirawas Ekspres usai kunjungan menjelaskan, pihaknya menyerahkan salinan berupa berita acara (BA) dan surat keputusan (SK) hasil penetapan yang sebelumnya juga di sampaikan kepada KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Salinan berkas penetapan memang harus kami sampaikan kepada Bupati maksimal tujuh hari pasca rapat pleno penetapan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih. Berkas tersebut digunakan sebagai persyaratan pelantikan caleg terpilih  DPRD Mura pada 30 September 2019 mendatang,” beber Anas.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Mura H Hendra Gunawan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada KPU Mura sebagai penyelenggara pemilu telah sukses melaksanakan tugasnya. “Dan sampai pada hari ini (Jumat 16 Agustus 2019, red), berkas salinan penetapan caleg terpilih DPRD Mura bisa diserahkan kepada kami,” tutur Bupati.

Masih di kesempatan yang sama, Komisioner KPU Mura Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Apandi SE MM menambahkan, untuk Mura tidak ada caleg terpilih yang dicoret. Seluruh anggota Dewan terpilih sudah menyerahkan LHKPN sejak jauh-jauh hari. “Meski penetapan baru dilakukan pada Senin (12/8), tapi seluruh caleg terpilih di Mura sudah menyerahkan LHKPN,” terang Apandi.

Dikatakan Apandi, setelah salinan berkas penetapan Calih diserahkan ke Bupati, selanjutnya, Bupati akan meneruskan lagi kepada Gubernur Sumsel. “Jadwal penyerahan hasil penetapan Calih ini juga diatur dalam PKPU nomor 5 tahun 2019 tentang penetapan Caleg terpilih dan perolehan kursi dalam Pemilu,” pungkas Apandi.

Untuk diketahui, penyerahan berkas salinan hasil penetapan Calih tersebut, langsung diantar oleh lima Komisioner KPU, didampingi Sekretaris KPU Mura beserta jajaran. Berkas tersebut diterima langsung oleh Bupati Mura H Hendra Gunawan, didampingi Asisten I Bagian Pemerintahan Kabupaten Mura, Heriyanto, Kabag Humas, Dicky Zulkarnain, Kabag Tapem, Riswan, Kabag Hukum, Aan Andrian, Kabag Organisasi, Drs Warindi dan Kepala Kesbangpol Mura, Amra Muslimin. (*)

Sumber: Musirawas Ekspres

Rekomendasi Berita