oleh

KPU Musi Rawas Rekrut PPK Pilkada 2020

-Seremoni-1.189 dibaca

“…PPK merupakan penyelenggara tingkat kecamatan yang akan membantu KPU sukseskan Pilkada…”

Komisioner KPU Mura Syarifudin

“…Tentunya, kita akan selektif dalam melakukan perekrutan ini. Sebab, PPK merupakan perpanjangan tangan KPU dalam menyukseskan Pilkada,” kata Ketua KPU Muratara…”

Ketua KPU Kabupaten Muratara Agus Maryanto

LINGGAU POS.CO.ID- KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) akan melakukan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan pada 23 September 2020.

Komisioner KPU Kabupaten Mura Divisi SDM dan Parmas, Syarifudin mengatakan perekrutan PPK merupakan salah satu dari tahapan Pilkada yang harus dilakukan. Sebab, keberadaan PPK untuk menjamin terlaksananya tahapan Pilkada di setiap kecamatan.

“PPK merupakan penyelenggara ditingkat kecamatan yang akan membantu KPU sukseskan Pilkada. Harapan kami kepada masyarakat yang ikut seleksi, mengikuti proses seleksi tersebut dengan baik. Semuanya terbuka, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Menurut Syarif, rekrutmen PPK akan diumumkan pada 15 Januari 2019. Hal ini, sesuai dengan jadwal tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 di PKPU 16 Tahun 2019 tentang Jadwal, Tahapan dan Program.

“Dalam melakukan perekrutan, secara garis besar kita akan melihat dan menilai variabel-variabel electoral leadership calon PPK. Mulai dari rekam jejak, integritas, kapasitas dan keahlian. Karena, variabel ini akan menentukan integritas Pilkada Mura 2020,” ujarnya.

Adapun syarat untuk menjadi PPK, diantaranya tidak menjadi tim kampanye peserta pemilihan. WNI, berusia paling rendah 17 tahun, setia pada dasar negara, memiliki integritas, tidak menjadi anggota partai politik minimal 5 tahun, domisili dalam wilayah kerja tempat calon PPK, sehat dan bebas napza, pendidikan paling rendah SMA atau sederajat.

“Mengenai informasi persyaratan pendaftaran, akan diumumkan dan masyarakat bisa langsung datang ke Sekretariat KPU Mura,” ungkapnya.

Perlu diketahui, anggota PPK di Pilkada 2020 ini berjumlah 5 orang dengan mempertimbangkan 30 persen perwakilan perempuan, dalam hal struktur ada ketua merangkap anggota dan 4 orang anggota. Sedangkan, masa jabatan PPK selama 9 bulan, dari 1 Maret hingga 30 November 2020.

Hal yang sama disampaikan ketua KPU Kabupaten Muratara, Agus Maryanto, kalau sesuai jadwal pihaknya juga akan melakukan perekrutan PPK untuk Pilkada Muratara yang akan dilakukan pada 23 September 2020 ini.

“Sesuai tahapan kita akan melakukan perekrutan PPK. Tentunya, kita akan selektif dalam melakukan perekrutan ini. Sebab, PPK merupakan perpanjangan tangan KPU dalam menyukseskan Pilkada,” katanya.(*)

Rekomendasi Berita