oleh

KPU Mura Kekurangan 51 Kotak Suara

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) kekurangan sebanyak 51 kotak suara. Pasalnya, jumlah kotak suara yang mereka terima pada Jumat (26/10) hanya 5.944, sementara kebutuhan mereka 5.995 kotak suara. Kekurangan ini terungkap setelah petugas Sekretariat KPU Kabupaten Mura, melakukan penghitungan jumlah bungkusan kotak suara, yang diterima.

Menanggapi hal itu Ketua KPU Kabupaten Mura, Ach Zaein menjelaskan kalau pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Sudah kita laporkan ke KPU Sumsel mengenai kekurangan ini,” kata Ach Zaein.

Menurut Ach Zaein, nantinya ribuan kotak suara tersebut akan didistribusikan ke 1.168 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 14 Kecamatan dan di 199 desa/kelurahan yang ada di Mura. Setiap TPS nantinya akan disediakan lima kotak suara, masing-masing akan digunakan untuk Pemilihan Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 17 April 2019 mendatang.

Kotak suara yang diterima KPU itu berwarna putih dan berukuran 40×60 centimeter, menggunakan bahan karton kedap air dengan sisi bagian depan terdapat semacam jendela yang terbuat dari bahan plastik transparan. Salah satu sisi kotak suara didesain transparan, agar surat suara dapat terlihat dari luar, sedangkan pada sisi lain kotak terdapat tulisan KPU.

Mengenai tahapan, dilanjutkan Zaein, berjalan sesuai target, karena tak ada kendala teknis maupun administrasi yang bisa menghambat tahapan Pemilu sesuai jadwal.

Berdasarkan pantauan di lapangan pembongkaran kotak suara dari truk disaksikan oleh Ketua KPU Mura, Ach Zaein, Komisioner KPU lainnya, Supriadi, M Hidayat, Dasril Ismail dan Efran Syahril, kemudian Sekretaris KPU Mura, H Nailul Azmi, Bawaslu Mura dan aparat kepolisian

Sekretaris KPU Mura, H Nailul Azmi mengatakan pengadaan kotak suara langsung oleh KPU RI, mengenai logistik lainnya akan tiba secara bertahap sama seperti Pemilu sebelumnya.

Sementara itu, Ketua KPU Lubuklinggau, Lukman Hakim didampingi Kasubag Umum dan Logistik KPU Kota Lubuklinggau, Rudi Wijaya mengatakan kalau pihaknya belum menerima kotak suara.

“KPU Lubuklinggau belum menerima kotak suara,” kata Lukman Hakim. (aku)

News Feed