oleh

KPU Mura Gelar Rapat Evaluasi Pemilihan Serentak 2020 dan Persiapan Pemilu Serentak 2024

LINGGAUPOS.CO.ID- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musi Rawas (Mura) gelar Rapat Evaluasi Pemilihan Serentak 2020 dan Persiapan Pemilu Serentak 2024 KPU Musi Rawas bersama Anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, Pramono Ubaid Tanthowi Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik di Hotel Dewinda Lubuklinggau, Kamis (22/4/2021).

Anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan,”Saya ucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada penyelenggara pemilu di Kabupaten Musi Rawas,”katanya.

“Alhamdulillah kondisi paska Pilkada di Kabupaten Musi Rawas tidak terlalu keras dan ternyata penyelenggaraan pilkada sangat baik,” ungkapnya.

Pramono menambahkan meski berbagai kendala seperti penundaan pilkada akibat pandemi covid19, tapi penyelenggaraan pilkada tetap berjalan dengan baik dan itu juga berkat kerjasama berbagai pihak, mulai dari KPU, kepolisian, TNI, pemerintah, partai politik, bawaslu, masyarakat maupun rekan-rekan media.

Sementara telah ditetapkan penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) legislatif sekitar Februari atau Maret sedangkan Pilpres sekitar April 2024, kemudian pilkada Gubernur dan Bupati/Walikota serentak November 2024. “Artinya di tahun 2024 merupakan tahun sibuk pesta demokrasi,” ungkapnya.

Menurutnya momen itu menjadi tantangan berat bagi partai politik, sebab Januari-April fokus pemilu, lansung dilanjutkan fokus ke pilkada serentak.

“Sementara ini juga menjadi tantangan berat bagi penyelenggara, kita punya pengalaman di pemilu 2019 lalu, dimana pemilu saat itu dengan 5 surat suara. Disini menjadi berat saat mempersiapkan logistik, mulai dari kotak suara, suara dan sebagainya,” ungkapnya.

Menjadi pengalaman pula, lanjutnya, dengan banyaknya surat suara, banyak kotak suara dan banyak macamnya itu, membuat petugas TPS kewalahan. Sehingga pengalaman buruk di 2019 terjadi ribuan petugas TPS maupun tugas keamanan yang meninggal karena kelelahan.

“Yang inilah yang perlu kita perhatikan kedepan, bagaimana caranya, agar tidak terjadinya lagi banyak petugas meninggal,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas, Anasta Tias dalam sambutannya mengatakan,” Selain evaluasi pelaksanaan yang lalu, pada rapat tersebut juga sebagai masukan untuk KPU Musi Rawas dalam menyusun agenda dan persiapan pelaksanaan kegiatan pemilihan yang akan datang,”katanya.

“Ini momen kami dari KPU Musi Rawas dalam menyusun persiapan dan agenda-agenda kegiatan pemilihan kedepan,”ungkapnya.

Ketua KPU Sumatera Selatan, Amrah Muslimin mengatakan rapat itu mendengar banyak masukan. Sehingga dalam rapat semakin banyak kalangan yang diundang semakin baik. “Sehingga semakin banyak masukan, semakin menjadi pelajaran berharga bagi kami sebagai penyelenggara,” tutupnya.(*)

Rekomendasi Berita