oleh

KPU Mura Datangi Tokoh Masyarakat

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musi Rawas (Mura), melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih secara serentak, Sabtu (20/1).

Coklit serentak ini, menyasar kediaman tokoh masyarakat, karena mereka diharapkan dalam melakukan sosialisasi ke masyarakat, perihal adanya Coklit yang tengah dilakukan KPU Musi Rawas.

Sehingga, komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas, Dasril Ismail didampingi Tim Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) beserta petugas PPS dan PPK, mendatangi kediaman tokoh masyarakat, Aidit Timor warga RT 5 Kelurahan Pasar Muara Beliti, Kecamatan Muara Beliti yang terdaftar di TPS 4.

Kemudian, kegiatan berlanjut dengan mendatangi kediaman anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas, Cahaya Muda di RT 12 kelurahan yang sama, masuk daftar TPS 10.

Selanjutnya, Dasril beserta rombongan bergeser ke rumah, Idham Khalid terdaftar di TPS 3, RT 04 Kelurahan yang sama. Setelah itu, bergerak ke kediaman anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas, Nasib yang berada RT 02 di Kelurahan yang sama, terdaftar di TPS 1.

Menurut Dasril, tujuan dilakukannya untuk meminta kepada para tokoh masyarakat tersebut, untuk memberikan sosialisasi ke masyarakat, karena sedang berlangsung pemutakhiran daftar pemilih dilakukan KPU seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Musi Rawas, tahapannya dimulai 20 Januari hingga 18 Februari mendatang.

“Sengaja kita ikut Coklit, untuk mensimulasikan kepada PPDP tentang cara kerja, dan langkah-langkah untuk melakukan Coklit dengan baik,” kata Dasril Ismail.

Bahkan, dilanjutkan Dasril, KPU Kabupaten Musi Rawas menargetkan hasil pen-Coklit-an sebanyak 7.635, dikarenakan setiap komisioner KPU melakukan Coklit di lima rumah, selain PPK, PPS, dan PPDP.

“Target ini cukup realistis, karena semua penyelenggara setelah bergerak,” jelasnya.

Komisioner Panwaslu Musi Rawas yang ikut dalam rombongan, Hermansyah mengatakan kalau pihaknya ingin memastikan proses pen-Coklit-an berjalan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.
Selain itu, lanjut Hermansyah dirinya juga mengimbau kepada masyarakat untuk aktif dalam proses pen-Coklit-an ini, supaya terdaftar sebagai pemilih di Pemilihan Gubernur (Pilgub) mendatang. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita