oleh

KPU Mulai Seleksi Relawan Demokrasi

MUSI RAWAS – KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura), telah melakukan wawancara terhadap 73 orang calon Relawan Demokrasi yang bertugas membantu KPU dalam menyukseskan Pemilu 2019. Peserta yang mengikuti tes wawancara tersebut, telah melewati seleksi administrasi, karena sebelumnya ada 90 calon Relawan Demokrasi yang mendaftar, dan lulus seleksi administrasi 76 orang.

Kemudian, yang mengikuti tes wawancara hanya 73 orang, 3 orang lainnya tidak hadir saat dilakukan wawancara, sementara yang akan membantu KPU Kabupaten Mura menyosialisasikan Pemilu 2019, sebanyak 55 orang Relawan Demokrasi. Hal ini, sesuai dengan surat KPU RI nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019 tentang pembentukan Relawan Demokrasi pemilu serentak 2019. Demikian, disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Mura Divisi SDM dan Parmas, Syarifudin, Rabu (16/1).

Menurut Syarifudin, pertanyaan dilontarkan kepada para peserta seleksi calon Relawan Demokrasi mengenai kepemiluan, seperti dalam wawancara para peserta, termasuk metode sosialisasi yang akan mereka gunakan.

“Tujuan direkrutnya Relawan Demokrasi untuk melakukan sosialisasi tentang kepemiluan. Jadi, pertanyaan yang kita lontarkan terhadap para peserta seleksi, ya tentang kepemiluan,” kata Syarifudin.

Bahkan saat ini KPU Kabupaten Mura, sedang melakukan perekapan nilai terhadap calon Relawan Demokrasi, karena paling lambat Kamis (17/1) hasil dari seleksi sudah diumumkan.

“Kita sedang melakukan perekapan, insya Allah paling lambat besok (hari ini, red), telah diumumkan para Relawan Demokrasi yang akan menyosialisasikan Pemilu 2019 di Kabupaten Mura,” jelas Syarifudin.

Sementara itu, komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi SDM dan Parmas, Andre Affandi mengatakan kalau, Rabu (16/1) merupakan batasan terakhir untuk pendaftaran Relawan Demokrasi. Selama dua hari dibukanya pendaftaran, setidaknya ada 121 orang yang memasukan berkas, satu diantaranya merupakan basis disabilitas, rinciannya 69 laki-laki dan 52 perempuan.

Menurut Andre sapaan akrab dari Andre Affandi, pihaknya akan melakukan seleksi adminstrasi Kamis (17/1), di Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau, mulai pukul 08.00 WIB. (aku)

Rekomendasi Berita