oleh

KPU Mulai Faktual Syarat Dukungan Perseorangan

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU)Kota Lubuklinggau, Selasa (30/1) mulai melakukan verifikasi faktual syarat dukungan perbaikan bakal Pasangan Calon (Paslon) perseorangan Bakalan Calon (Balon) Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau, H Toyeb Rakembang-Sofian hingga 5 Februari 2018.

Divisi Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim menjelaskan verifikasi faktual dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS). Mereka akan memastikan dukungan yang sudah diserahkan H Toyeb Rakembang-Sofian.

Proses verifikasi faktual, dengan menemui satu per satu masyarakat yang sudah memberikan dukungannya kepada bakal Paslon perseorangan ini. Apakah sesuai dengan dokumen yang sudah diserahkan KPU atau tidak, kalau sesuai maka dukungan tersebut akan dibuat memenuhi syarat.

“Misalnya, ketika dilakukan verifikasi faktual masyarakat mengakui dukungan itu, artinya dukungan itu memenuhi syarat, begitu sebaliknya,”jelas Lukman Hakim.

Proses tahapan ini berlangsung selama enam hari, yakni mulai tanggal 30 Januari hingga 5 Februari. Di sini, PPS diminta kerja ekstra, agar data yang dikumpulkan sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan.

“Ini tahapan yang sangar krusial, karena menentukan apakah Toyeb-Sofian bisa maju di Pilkada atau tidak. Jadi, kita meminta agar PPS bekerja dengan sungguh-sungguh, sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Jangan sampai, data yang dikumpulkan atau hasil verifikasi faktual sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan,” tegasnya.

Sementara itu, ditambahkan komisioner Panwaslu Kota Lubuklinggau, Bahusi menjelaskan kalau pihaknya akan melakukan pengawasan secara melekat terhadap proses verifikasi faktual syarat dukungan perbaikan H Toyeb Rakembang-Sofian, dengan melibatkan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL).

“Proses verifikasi, akan diawasi langsung oleh PPL, mereka akan langsung turun mengawasi. Selanjutnya, untuk hasil rekap dan pleno di tingkat PPK, akan diawasi oleh Panwascam,” jelasnya.

Jadi, dilanjutkan Bahusi Panwaslu beserta jajarannya  akan memastikan apakah proses verifikasi faktual, sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Yakni, mendatangi langsung masyarakat yang ada di dokumen dukungan H Toyeb Rakembang-Sofian.

“Pada 6 Februari berkas dukungan sudah bergeser ke PPK dan langsung diplenokan. Dan pada 9 Februari giliran KPU yang akan melakukan pleno, di sini akan diketahui apakah Toyeb-Sofian bisa maju di Pilkada atau tidak,” katanya

Kalau dukungannya memenuhi syarat, maka H Toyeb Rakembang-Sofian akan langsung ditetapkan sebagai peserta Pilkada pada 12 Februari, berbarengan dengan kandidat yang maju lewat jalur dukungan Partai Politik, yakni H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar dan H Rustan Efendi-Riezky Aprilia.

Untuk diketahui, sebenarnya saat menyerahkan syarat dukungan perbaikan H Toyeb Rakembang-Sofian menyerahkan dukungan melebihi kuota yang sudah ditetapkan, sebab kekurangan hanya 2.058 dukungan, mereka menyerahkan 3.985 dukungan. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita