oleh

KPU Minta Waktu TAPD untuk Bahas Anggaran Pilkada

MUSI RAWAS – Selain menunggu jadwal penetapan Calon Terpilih (Calih) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas (Mura) juga sedang mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Salah satunya, persiapan anggaran untuk penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut.

Karena menurut Ketua KPU Kabupaten Mura, Anas meskipun PKPU terkait penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 masih dalam draf yang sedikit lagi final, namun kepastian anggaran menjadi tahapan yang paling penting dalam menyelenggarakan Pilkada. Untuk itu dikatakannya, KPU Mura saat ini masih menunggu waktu dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura, untuk membahas anggaran Pilkada serentak 2020 di Mura.

Bahkan KPU Mura, sudah kembali menyurati pihak Pemkab agar Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), bersama pihaknya untuk segera membahas anggaran Pilkada.

“Karena kita dikejar tahapan. Kita minta segera dibahas segabai ancang-ancang, ketika PKPU keluar anggaran kita sudah siap,” ungkap Anas.

Untuk anggaran Pilkada memang dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) induk tahun 2020. Namun diungkapkan Anas, pihaknya sudah mengusulkan dana sebesar Rp2 miliar guna mempersiapkan kegiatan beberapa tahapan Pilkada, seperti sosialisasi dan kegiatan lainnya. Sementara untuk anggaran yang diusulkan lebih kurang Rp51 miliar.

“KPU Mura menyusun anggaran sesuai kebutuhan dan tahapan, serta mengomparasikan dengan daerah yang juga melaksanakan Pilkada seperti OI dan OKU, mengingat kita sama untuk jumlah mata pilihnya. Tujuannya, agar terjadi keseimbangan anggaran, dengan membandingkan daerah lain di Sumatera Selatan (Sumsel),” jelasnya.

Untuk itu pihaknya berharap, pembahasan APBD induk 2020 segera dilaksanakan.

“Bila perlu, Oktober sudah dilakukan pengesahan. Karena sekali lagi, kita dikejar tahapan,” tegasnya. (rfm)

Rekomendasi Berita