oleh

KPU Lubuklinggau Tetapkan DPT

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim mengatakan hari ini (21/8) KPU Kota Lubuklinggau akan menggelar rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Telah dijadwalkan, pelaksanaan rapat pleno dilakukan di Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau, Jalan Depati Djati, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat II.

Menurut Lukman, seluruh delapan PPK se-Kota Lubuklinggau telah menggelar papat pleno penetapan DPT. Bahkan, pihaknya juga telah melakukan evaluasi terhadap seluruh PPK yang telah melakukan rapat pleno penetapan dan rekapitulasi. Namun, bila memang masih terdapat penduduk yang masuk kategori sebagai pemilih, tapi belum masuk di dalam DPT. Karena belum memiliki KTP-Elektronik (KTP-El), agar segera melakukan perekaman data identitas penduduk di kantor Disdukcapil Lubuklinggau.

“Kita telah menyampaikan kepada PPK maupun PPS, untuk menyampaikan kepada penduduk yang belum terekam data penduduknya untuk segera melakukan perekaman di Disdukcapil, karena itu merupakan syarat,” ujarnya.

Sebab, walaupun telah dilakukan penetapan DPT, jika masih terdapat pemilih yang belum masuk dalam DPT, lantaran belum rekam KTP-El. Diharapkan segera melakukan perekaman di Disdukcapil untuk mendapatkan KTP-El atau Surat Keterangan (Suket). Sebab, masyarakat yang telah memiliki KTP-El dan Suket tersebut, bisa memberikan hak pilihnya di TPS pada hari pencoblosan 17 April 2019 pukul 12.00 WIB-13.00 WIB.

Mereka, yang belum termasuk di dalam DPT yang memberikan hak pilihnya dengan menggunakan KTP-El dan Suket saat hari pemungutan suara akan dimasukkan ke dalam kategori pemilih tambahan.

Bila mengacu pada DPT pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lubuklinggau, jumlah masyarakat yang terdaftar dalam DPT sebanyak 155.153 jiwa. Adapun rinciannya, Kecamatan Lubuklinggau Barat I berjumlah 24.823 pemilih, di Kecamatan Lubuklinggau Barat II berjumlah 14.654 pemilih, di Kecamatan Lubuklinggau Selatan I berjumlah 10.683 pemilih, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II berjumlah 20.737 pemilih. Kemudian di Kecamatan Lubuklinggau Utara I berjumlah 12.069 pemilih, Kecamatan Lubuklinggau Utara II berjumlah 27.630 pemilih, di Kecamatan Lubuklinggau Timur I berjumlah 21.661 pemilih , dan di Kecamatan Lubuklinggau Timur II berjumlah 22.896. (01)

Rekomendasi Berita