oleh

KPU Lubuklinggau Siap Sukseskan Pemilu 2019

LUBUKLINGGAU – Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau telah menyusun empat agenda besar tahun 2019, tujuannya untuk menyukseskan Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada Rabu, (17/4). Empat agenda yang sudah disiapkan tersebut ialah kesiapan personel, logistik, pemilih dan peserta pemilu, serta pendanaan. Semuanya, sudah dipersiapkan dan masing-masing bagian yang ada di KPU Kota Lubuklinggau sudah rapat bersama, seperti Bagian Hukum, Program dan Data, Teknis serta Bagian Logistik dan Keuangan. Demikian disampaikan sekretaris KPU Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriansyah, Kamis (3/1).

Menurut Erik sapaan akrab dari Sekretaris KPU Kota Lubuklinggau, untuk kesiapan personel pihaknya sudah melantik 16 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) penambahan. Mereka ditempatkan di delapan kecamatan, dengan rincian dua orang per kecamatan.

Adapun jumlah penyelenggara yang terdaftar di KPU Kota Lubuklinggau adalah lima komisioner, 23 sekretariat yang terbagi atas empat bagian, yakni Bagian Hukum, Teknis, Program dan Data, serta Umum, Logistik dan Keuangan. Kemudian, 64 orang di tingkat kecamatan, yakni 40 orang anggota PPK dan 24 orang sekretaris, mereka tersebar di 8 kecamatan. Lalu, 216 orang Panitia Pemungutan Suara dan 216 orang sekretariatnya, dengan jumlah 432 orang tersebar di 72 kelurahan. Namun, untuk Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), dibutuhkan 5.472 orang dengan rincian 7 orang per TPS yang akan ditempatkan di 608 TPS, selanjutnya membutuhkan Linmas sebanyak 1.216 orang.

“Tapi, untuk Linmas dan KPPS belum terbentuk. Khusus Linmas tinggal koordinasi lagi dengan Sat Pol PP, sementara KPPS menunggu tahapan yang sudah ditetapkan dalam peraturan KPU,” jelas Erik.

Kemudian, KPU Kota Lubuklinggau juga sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Tahap Dua (DPTHP-2), yakni sebanyak 160.885 pemilih, dengan rincian 81.436 perempuan dan 79.449 laki-laki, mereka tersebar di 8 kecamatan dan 72 kelurahan. Kemudian, jumlah peserta Pemilu dapil Sumsel 1 ada 115 Calon Legislatif (Caleg), Dapil Sumsel VIII yang mencangkup Kota Lubuklinggau, Kabupaten Mura dan Muratara 99 Caleg, selanjutnya Caleg DPRD Kota Lubuklinggau 404 orang, mereka tersebar di 4 Dapil yang sudah disiapkan.

“Kami akan membantu komisioner untuk menyukseskan Pemilu 2019, dengan melakukan koordinasi yang baik. Terkait, kekurangan logistik sudah kita laporkan ke KPU Sumsel, dan insya Allah akan selesai dalam waktu dekat, ”terangnya.

Bahkan, sekretariat KPU Kota Lubuklinggau akan membantu komisioner KPU untuk mencapai target partisipasi pemilih secara nasional yakni 77,5 persen. Rasanya, untuk wilayah Kota Lubuklinggau target ini akan tercapai, karena pada Pilkada Lubuklinggau jumlah masyarakat yang menggunakan hak suaranya sebanyak 72,5 persen. (aku)

Rekomendasi Berita