oleh

KPU Lubuklinggau Nyatakan Berkas Toyeb Lengkap

Akan Langsung Diverifikasi

“PPS, akan menanyakan langsung ke masyarakat yang sudah memberikan dukungannya, guna menanyakan dukungan yang sudah diberikan,” kata Kasubag Teknis KPU Lubuklinggau, Hironimus Emil Mbeko.

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Bakal Calon (Balon) Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau yang akan mencalonkan diri lewat jalur perseorangan, H Toyeb Rakembang-Sofian beserta timnya mendatangi Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubuklinggau, Selasa (28/11).

Tujuan mereka guna melengkapi selisih antara jumlah dukungan yang dibawa, dengan yang sudah didaftarkan ke dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang sudah didaftarkan pada Senin (27/11). Pasalnya, saat pendaftaran meskipun jumlah dukungan yang diberikan H Toyeb Rakembang-Sofian melewati ambang batas yang sudah ditetapkan KPU, yakni 15.470. Dan yang telah diserahkan mereka sebanyak 15.848. Tapi, dikarenakan di Silon mereka telah mengumpulkan dukungan sebanyak 15.873, maka harus melengkapi kekurangan tersebut, yakni sebanyak 25 dukungan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, dukungan yang kurang tersebut diantar langsung H Toyeb Rakembang-Sofian. Mereka sambut langsung oleh lima Komisioner KPU Lubuklinggau, yakni Efriadi Suhendri, Lukman Hakim, Gatot Widjianto, Debi Arianto dan Efrizal.

Sesampainya di ruangan rapat, berkas yang diserahkan mereka langsung diantar dan dimasukkan ke dalam kotak. Hal ini, disaksikan langsung tim Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Zairin.

Setelah berkas dinyatakan memenuhi syarat, maka KPU langsung membuat berita acara penerimaan syarat dukungan H Toyeb Rakembang-Sofian.

“Syarat yang diserahkan Paslon (H Toyeb Rakembang-Sofian, red) telah dinyatakan lengkap, dan akan segera dilakukan verifikasi kegandaan,” kata Divisi Teknis KPU Lubuklinggau, Gatot Widjianto didampingi Kasubag Teknis KPU Lubuklinggau, Hironimus Emil Mbeko.

Menurut Hironimus, ketika ada dukungan yang ganda, seperti nama yang sama ada di dua daerah, maka yang satunya akan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), otomatis dukungan akan berkurang dengan sendirinya.

“Setelah itu, akan dilakukan verifikasi faktual mengenai dukungan yang sudah diserahkan, tim yang terdiri dari PPS (Panitia Pemilihan Suara, red) akan menanyakan langsung ke masyarakat yang sudah memberikan dukungannya, apakah memang benar telah memberikan dukungan atau tidak,” jelas Hironimus.

Dilanjutkannya, masyarakat membantah dukungan harus membuat surat pernyataan, dan dukungan akan dikurangi saat itu juga. Ketika dikalkulasikan jumlah dukungan tidak memenuhi ambang batas yang sudah ditetapkan oleh KPU Kota Lubuklinggau, maka Paslon harus melakukan perbaikan atas dukungan tersebut, sebab kalau itu tidak dilakukan maka syarat dukungan dinyatakan TMS.

“Tapi, prosesnya masih panjang. Untuk saat ini, kita belum bisa memprediksikan apakah dukungan H Toyeb Rakembang-Sofian memenuhi syarat atau tidak,” ungkapnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita