oleh

KPU Lubuklinggau Mulai Sasar Sekolah

LUBUKLINGGAU – Hari ini (4/2), KPU Kota Lubuklinggau akan melakukan sosialisasi ke SMAN 1 Kota Lubuklinggau. Tujuan dari sosialisasi ini, untuk memberikan pendidikan pemilih kepada para pemilih pemula, agar menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019 yang dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang.

Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi SDM dan Parmas, Andre Affandi mengatakan dalam sosialisasi ini pihaknya melibatkan Relawan Demokrasi Basis Pemilih Pemula yang berjumlah 5 orang. Karena sebelumnya KPU telah melantik 55 Relawan Demokrasi, yang terdiri dari 11 basis.

“Secara berkala, kita akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Terutama pemilih pemula,” kata Andre Affandi, Minggu (3/2).

Menurut Andre, mekanisme pemilih pemula dalam menggunakan hak pilihnya 17 April mendatang, sama dengan pemilih lain. Mereka juga harus terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), serta sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El), dengan syarat sudah berusia 17 tahun ke atas. Jadi, bisa dipastikan tidak semua siswa-siswi bisa menggunakan hak pilihnya, karena ada kemungkinan usia mereka belum genap 17 tahun. Maka, kalau ada siswa-siswi yang belum melakukan perekaman KTP-El, harus segera melakukan perekaman ke Disdukcapil, karena syarat memilih selain terdaftar di DPT, dapat juga menggunakan KTP-El, dengan menunjukkannya ke petugas KPPS.

Meskipun kemungkinan ada siswa-siswi yang usianya belum genap 17 tahun. Hal itu tidak perlu dipermasalahkan, karena sosialisasi yang kita lakukan merupakan bagian dari pendidikan politik ke pemilih.

“Kalau ada yang peserta sosialisasi yang usianya belum genap 17 tahun, tetap bisa ikut dalam sosialisasi, karena bagian dari pendidikan pemilih,” jelasnya. (aku)

Rekomendasi Berita