oleh

KPU Lubuklinggau Bimtek Sekretariat PPK dan PPS

Metode Pengelolaan Keuangan

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Walikota Tahun 2018 bagi sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Lubuklinggau, Senin (11/12) di Hotel SMart Kelurahan Jawa Kanan SS, Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Bimtek tersebut menghadirkan narasumber dari pihak Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, BPKP Sumatera Selatan dan BKD Lubuklinggau, serta Sekretaris KPU selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

Sekretaris KPU Kota Lubuklinggau, Trisko Depriansah mengatakan tujuan dilakukannya Bimtek ini untuk transfer ilmu dan pengetahuan, mengenai teknis penggunaan dana hibah di Pilkada serentak 2018. Supaya baik sekretariat PPK maupun sekretariat PPS, tidak salah dalam penggunaan dana hibah, sebab dana yang digunakan harus efektif dan efisien.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri mengatakan para peserta Bimtek harus menerapkan ilmu yang sudah diperolehnya. Supaya, teknis pengelolaan dana yang dilakukan di Pilkada mendatang dapat dijadikan contoh untuk daerah lain.

“Kita berharap agar dalam menyukseskan Pilkada, KPU Lubuklinggau bisa jadi yang terbaik. Dan itu membutuhkan dukungan dari semua pihak, melalui dari PPK dan sekretariatnya hingga PPS dan sekretariatnya, termasuk teknis pengelolaan keuangan,” kata Efriadi Suhendri.

Jadi, dilanjutkannya, sekretariat PPK dan PPS, hendaknya tidak membuat kebijakan-kebijakan yang melanggar aturan. Jalankan teknis pengelolaan keuangan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Sementara itu, Asisten II Pemkot Lubuklinggau, Drs Rusli yang hadir menggantikan mewakili Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengatakan tanggung jawab dan tugas yang diemban tidak ringan, maka ditekankan kepada sekretariat PPK dan PPS untuk berkomitmen menjalankan tugas sesuai aturan.

“Susunan laporan pertanggungjawaban dengan benar, selain itu ilmu yang sudah didapat harus ditransformasikan ke lapangan,” kata Rusli.

Selain itu, sekretariat juga bertugas turut serta memberi informasi dan penjelasan kepada masyarakat mengenai teknis pelaksanaan Pilkada.

“Itu bukan hanya tugas PPK dan PPS saja, tapi tugas sekretariat,” ungkapnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita