oleh

KPU Lubuklinggau Akan Sambangi Kantor Perindo

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Hari ini (23/12), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, akan menyambangi kantor DPC Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kota Lubuklinggau. Hal ini, dikatakan Divisi Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim, Jumat (22/12).

Menurut Lukman, Perindo satu-satunya Partai Politik (Parpol) yang akan diverifikasi secara faktual oleh pihaknya, dan itu sesuai dengan hasil verifikasi administrasi yang dilakukan KPU RI. Di mana hasil verifikasi tersebut hanya Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang ikut verifikasi faktual, sedangkan PDIP, Hanura, NasDem, PAN, PKS, Gerindra, Golkar, PPP, Demokrat dan PKB kepengurusannya tidak diverifikasi lagi, karena merupakan parpol lama, atau peserta Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 lalu. Namun, khusus untuk PSI kepengurusannya di wilayah Kota Lubuklinggau dinyatakan tidak memenuhi syarat, karena sama sekali tidak mendaftar ke KPU.

“Bagaimana kita mau verifikasi kalau tidak mendaftar,” jelasnya.

Dalam verifikasi nanti, pengurus Perindo harus bisa menghadirkan paling tidak 10 % anggota pengurus yang sudah didaftarkan dalam Sistem Informasi Pencalonan (Sipol), yakni 10 % dari 984 orang. Bila tidak dihadirkan, maka KPU akan menyatakan kepengurusan mereka tidak memenuhi syarat.

“Kita akan mendata secara objektif, bila kurang akan langsung dibuat tidak memenuhi syarat,” ungkapnya.

Sekedar mengingatkan, sebenarnya waktu pendaftaran ada dua parpol lagi selain Perindo dan PSI yang daftar untuk jadi peserta Pileg 2019, yakni Partai Berkarya dan Garuda. Tapi, keduanya tidak lolos dalam tahap administrasi. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita