oleh

KPU Kembalikan Berkas Toyeb-Sofian

Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau dari Jalur Perseorangan, H Toyep Rakembang dan H Sopian tiba di KPU Lubuklinggau. Mereka juga mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Lubuklinggau 2018, Selasa (9/1).

 

Ketua KPU Lubuklinggau, Efriadi Suhendri
“Berkas Paslon perseorangan dikembalikan karena masih ada dua syarat pencalonan yang belum terpenuhi, diantaranya surat keterangan pailit dari instansi berwenang dan LHKPN…”

Berkas NanSuko Diterima

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, Selasa (9/1) menerima berkas dua bakal Pasangan Calon (Paslon) yang akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lubuklinggau. Dua bakal Paslon yang mendaftar tersebut yakni, H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar dari jalur dukungan Partai Politik (Parpol). Dan H Toyeb Rakembang-Sofyan dari jalur perseorangan.

Berdasarkan pantauan Linggau Pos di lapangan, sekira pukul 10.45 WIB, H Toyeb Rakembang-Sofian tiba di Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau yang berada di Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Mereka langsung disambut Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri beserta empat anggota komisioner lainnya, yakni Lukman Hakim, Debi Arianto, Gatot Widjianto dan Efrizal, dan langsung dipersilakan untuk masuk menuju ruang pendaftaran yang sudah disediakan KPU Lubuklinggau.

Selanjutnya, sekira pukul 13.00 WIB, bakal Paslon H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar (NanSuko), tiba di Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau. Paslon petahana tersebut tiba dengan mengendarai motor, dan disambut Reog Ponorogo dan Tanjidor yang merupakan alat musik asli dari Musi.

Selanjutnya, NanSuko pun langsung disambut oleh Ketua KPU Kota Lubuklinggau, beserta empat anggota komisioner lainnya. Mereka pun langsung menuju ruang pendaftaran yang sudah disediakan KPU Lubuklinggau.

Namun, untuk hasil pendaftaran, berkas H Toyeb Rakembang-Sofian dikembalikan, karena belum melampirkan berkas keterangan pailit dari pengadilan niaga dan berkas Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sedangkan berkas NanSuko dinyatakan lengkap dan berhak untuk maju ke tahapan selanjutnya, yakni tes kesehatan.

“Berkas Paslon perseorangan dikembalikan karena masih ada dua syarat pencalonan yang belum terpenuhi, diantaranya surat keterangan pailit dari instansi berwenang dan LHKPN,” jelas Ketua KPU Lubuklinggau, Efriadi Suhendri, kemarin.

Menurut Eef sapaan Ketua KPU Lubuklinggau, kalau ada surat yang menerangkan masih dalam proses maka berkasnya akan langsung diterima, dan diperbaiki masa perbaikan. Tapi, bakal Paslon perseorangan tersebut tidak melampirkan keterangan sedang dalam proses.

“Maka, berkas bakal calon Walikota H Toyeb Rakembang dan Wakil Walikota H Sofian kami kembalikan karena ada syarat yang kurang. Tapi, itu masih bisa diperbaiki paling lambat 10 Januari 2018 pukul 00.00 WIB,”katanya.

Sementara itu, dilanjutkan Eef, untuk syarat pencalonan NanSuko sudah dinyatakan memenuhi syarat, sehingga berkas pencalonan mereka diterima, dan berhak untuk maju ke tahap selanjutnya, yakni tes kesehatan.

“Untuk NanSuko, berkasnya dinyatakan lengkap dan berhak mengikuti tahap selanjutnya,” jelasnya.

***NanSuko Optimis, Lima Tahun Berbuat

Pengurus, kader dan simpatisan dari sembilan Parpol pengusung dan pendukung NanSuko turut mendampingi saat pasangan NanSuko mendaftarkan diri. Diantaranya delapan partai pengusung yakni Golkar, Demokrat, NasDem, PKB, PBB, PKS, Hanura dan Gerindra, serta PAN sebagai partai pendukung.

Usai mendaftarkan diri dan dinyatakan diterima oleh komisioner KPU, Nanan sapaan H SN Prana Putra Sohe menegaskan kalau saat ini baru sembilan partai yang mengusung dan mendukungnya.

“Alhamdulillah, sore ini kita diterima komisioner KPU. Berkas yang disampaikan sudah langsung kita kembalikan dan dinyatakan lengkap. Kedepan, insya Allah partai pendukung NanSuko bertambah yakni dari PSI dan Perindo. Kami pun sengaja mendaftarkan diri tanggal 9 Januari, sesuai dengan 9 Parpol yang mengusung dan mendukung kita saat ini. Mudah-mudahan, 9-9 ini membawa hoki,” ungkap Nanan.

Selanjutnya ia menjelaskan, 11 Januari hingga 15 Januari ada tes kesehatan. Lalu 12-13 Februari ada penetapan nomor urut calon.

“Insya Allah karena saya masih menjabat sebagai Walikota, setelah penetapan nomor urut baru akan mengajukan cuti. Kemungkinan di 15 Februari. Kita cuti sejak 15-24 Februari. Setelah itu jabatan kami berakhir,” jelasnya.

NanSuko, dilanjutkannya, tetap akan memanfaatkan Parpol pendukung yang cukup besar ini untuk bersinergi. Tidak hanya relawan dan tim dulur, tapi seluruh tim dari Parpol dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Ini wujud konkret dukungan Parpol. Mulai Maret mendatang kita akan melakukan kampanye dialogis, dan ini yang paling banyak kita lakukan. NanSuko tidak melaksanakan kampanye monologis, semua dialogis dengan memanfaatkan banyaknya Parpol dan relawan. Mulai Maret kita masuk ke kelurahan dan RT untuk melaksanakan kampanye dialogis. Kemungkinan hanya satu kali kita lakukan kampanye monologis, itu pun mungkin. Namun prinsip NanSuko tetap mengedepankan sederhana. Karena kita tidak ingin adanya terkotak-kotak di masyarakat, tidak mau membangun kesuku-sukuan. Kita berupaya menghindari itu,” ungkapnya.

Ia meyakinkan, kalau NanSuko optimis, karena pertama sebagai bakal calon incumbent. Dan kedua, sudah lima tahun ini berbuat.

“Tentu kami optimis. Lawan kita saja optimis, masa kita tidak. Namun, rasa optimis ini jangan diartikan suatu kesombongan. Kita harus lebih optimis, karena kita lima tahun berjuang, dan ramai pendukung. Untuk strategi, kita yakin semua punya strategi masing-masing. Namun NanSuko akan tetap melaksanakan pola yang cerdas dan inovatif dan tidak ikut-ikutan,” ungkapnya kembali.

***Terkendala Laporan Harta Kekayaan

Lebih menarik lagi, kedatangan Toyeb Rakembang menuju kantor KPUD Lubuklinggau bersama istri tercinta dan keluarganya. Sementara calon wakilnya, Sopyan bersama keluarga besarnya dengan diiringi simpatisan, dan pendukung Paslon.

Paslon Toyep Rakembang dan Sofyan Usai mengisi buku tamu, keduanya memasuki ruangan khusus pendaftaran Paslon. Lalu menyerahkan berkas pendaftaran secara langsung ke ketua KPU Lubuklinggau, Efriadi Suhendri hingga di penghujung pertemuan.

Bakal calon Walikota Lubuklinggau, Toyep Rakembang mengatakan pihaknya sudah menyerahkan berkas pencalonan mereka melalui jalur independen, tinggal menunggu penetapan.

“Kalau tadi kita sudah daftar, namun dari hasil pendaftaran tadi kita belum melampirkan laporan harta kekayaan dan tidak pailit dari pengadilan tata niaga,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Toyeb sapaan akrabnya mengatakan mengenai pemunduran dirinya sebagai anggota legislatif di Kabupaten Musi Rawas sedang dalam proses.

“Saya sudah membuat surat pemunduran diri saya sebagai anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas, tinggal diproses saja,” kata Toyeb.(11/19/09)

Komentar

Rekomendasi Berita