oleh

KPU Kekurangan Kotak Suara

MUSI RAWAS – KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) masih kekurangan 51 kotak suara. Sebab, kotak suara yang mereka terima pada Jumat (26/10) hanya 5.944 kotak, sementara kebutuhan mereka 5.995 kotak suara. Demikian disampaikan Ketua KPU Kabupaten Mura Ach Zaein, Rabu (19/12).

Menurut Zen sapaan akrab Ketua KPU Kabupaten Mura, pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Namun, proses pengadaannya belum bisa dilakukan, karena pengadaan kekurangan kotak suara masuk dalam pagu anggaran 2019.

“Kita sudah berkoordinasi, tapi karena pengadaannya tahun 2019. Jadi, kekurangan kotak suara belum bisa dipenuhi,” kata Zen.

Ribuan kotak suara tersebut akan didistribusikan ke 1.168 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 14 Kecamatan dan di 199 desa/kelurahan yang ada di wilayah Mura.

Kemudian, setiap TPS akan disediakan lima kotak suara, kotak suara itu akan digunakan untuk Pemilihan Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 17 April 2019 mendatang.

Kotak suara yang akan digunakan di Pemilu 2019 mendatang, beda dari sebelumnya karena terbuat dari kardus berwarna putih dan berukuran 40×60 centimeter. Dengan sisi bagian depan terdapat semacam jendela, yang terbuat dari bahan plastik transparan, sedangkan pada sisi lain kotak terdapat tulisan KPU.

Sementara itu, KPU Kota Lubuklinggau juga masih mengalami kekurangan kotak suara sebanyak 84 kotak suara. Sebab, suara yang tiba di kantor KPU Kota Lubuklinggau, Senin (12/11) lalu hanya 3.050 dan lima diantaranya basah. Bahkan, kekurangan kotak suara ini sudah dilaporkan ke KPU Sumsel, agar dilakukan penambahan supaya proses Pemilu 2019 bisa berjalan sesuai yang direncanakan.

“Sudah kita laporkan ke KPU Sumsel, tapi karena pengadaannya tahun 2019, maka kita masih mengalami kekurangan kotak suara,” katanya.

Menurut Lukman sapaan akrab dari Ketua KPU Kota Lubuklinggau, kebutuhan kotak suara sama dengan wilayah Kabupaten lainnya, sebab kebutuhan kotak suara 5 kotak di setiap TPS. Sebab, pada Pemilu 2019 mendatang pemilih akan diberikan lima surat suara, maka dibutuhkan lima kotak suara.

Rincian kebutuhan kotak suara, sebanyak 3.040 buah kotak suara yang akan digunakan di 608 TPS. Kemudian, masing-masing kecamatan akan disediakan 11 kotak, maka dibutuhkan 88 kotak, karena Kota Lubuklinggau memiliki 8 kecamatan.

“Semoga, awal tahun 2019 kekurangan kotak suara sudah terpenuhi,” harapnya. (aku)

Rekomendasi Berita