oleh

KPU Jaring Relawan Demokrasi

CURUP – Untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan Pemilu 2019, KPU Kabupaten Rejang Lebong menjaring Relawan Demokrasi. Sebanyak 181 orang mendaftar, namun 10 diantaranya tidak lulus seleksi.

Komisioner KPU Rejang Lebong, Ujang Maman kepada Linggau Pos, Rabu (23/1) menjelaskan dari 10 yang tidak lulus pada tahap awal dikarenakan ada yang terlibat dalam Partai Politik (Parpol) dan ada juga warga luar daerah.

“Kita mengetahui adanya pendaftar yang terlibat Parpol maupun warga luar daerah dari sistem Sipol, KTP dan lainnya,” tegas Ujang.

Untuk merekrut Relawan Demokrasi, KPU Kabupaten Rejang Lebong melakukan seleksi salah satunya dilaksanakan, Rabu (23/1) dengan seleksi wawancara terstruktur digelar di aula Stiper Rejang Lebong.

“Nanti hasilnya akan kita sampaikan pada 26-27 Januari mendatang, sehingga Februari mereka bisa langsung bekerja,” jelasnya.

Relawan Demokrasi yang akan direkrut, sebanyak 55 orang yang nantinya disebar ke sejumlah kecamatan sesuai dengan kebutuhan.

“Kita nanti akan menginventalisir kecamatan-kecamatan mana yang partisipasinya rendah pada pemilu sebelumnya, dan yang kecamatan rendah partisipasi itulah nanti yang jumlah relawannya diperbanyak,” katanya.

Dalam seleksi, tambah Ujang, selain menggali potensi yang ada di diri peserta.

“Nanti bisa kita lihat relawan ini cocok untuk relawan kepemudaan, perempuan, untuk disabilitas dan lainnya,” tambah Ujang. (sam)

Rekomendasi Berita