oleh

KPU Instruksikan PPK Hapus Data Tidak Jelas

Pencermatan DPTHP-2

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – KPU Kota Lubuklinggau akan melaksanakan rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Pencermatan (DPTHP-2), pada 12 November 2018. Demikian disampaikan Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi Program dan Data, Efrizal melalui operator teknis, Nick Rosamy Sasmita, Kamis (8/11).

Maka, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), harus sudah melakukan rapat pleno sebelum waktu yang ditentukan tersebut, yakni 11 November.

“Kita meminta PPK melakukan pencermatan terhadap hasil rekomendasi Panwascam, agar tidak menyisakan masalah saat pleno ditingkat KPU,” katanya.

Sebab, Bawaslu Kota Lubuklinggau telah menemukan 23.247 jiwa warga yang terdaftar di DPT diragukan keabsahannya, dengan rincian 76 diduga ganda, 18.450 invalid dinyatakan tidak lengkap, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak lengkap, salah penulisan nama, alamat tidak dicantumkan atau tidak jelas. Kemudian terdapat 4.721 jiwa yang sudah berusia diatas 70 tahun, maka perlu dilakukan verifikasi kembali untuk mengetahui keberadaan para Lanjut Usia (Lansia) tersebut.

Kemudian, rincian data tersebut 76 data ganda yang ditemukan itu tersebar di dua kecamatan, 37 jiwa di Kecamatan Lubuklinggau Barat I dan 39 jiwa di Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

Namun, untuk data invalid dan berusia diatas 70 tahun tersebar di seluruh kecamatan, yakni Kecamatan Lubuklinggau Barat I ada 4.818 jiwa data invalid dan 645 jiwa yang berusia diatas 70 tahun. Kemudian, di Kecamatan Lubuklinggau Barat II, ditemukan 1.502 jiwa data invalid, dan 601 jiwa berusia diatas 70 tahun. Selanjutnya, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, terdapat 1.550 jiwa data invalid dan 562 jiwa data yang sudah berusia diatas 70 tahun. Lalu, di Kecamatan Lubuklinggau Timur II, ditemukan 2.126 jiwa data invalid dan 939 jiwa yang sudah berusia diatas 70 tahun.

Kemudian, di Kecamatan Lubuklinggau Selatan I ditemukan 365 jiwa data invalid, dan 252 jiwa yang berusia diatas 70 tahun. Selanjutnya, di Kecamatan Lubuklinggau Selatan II ada 1.616 jiwa data invalid dan 541 jiwa yang berusia diatas 70 tahun. Lalu, di Kecamatan Lubuklinggau Utara I ditemukan 819 jiwa data invalid dan 459 jiwa berusia diatas 70 tahun. Serta di Kecamatan Lubuklinggau Utara II, ditemukan 5.654 jiwa data invalid dan 722 yang sudah berusia diatas 70 tahun.

“PPK harus menyamakan data dengan Panwascam, agar partisipasi pemilih dapat meningkat. Sebab, data-data yang belum diketahui keabsahannya tersebut dapat mengurangi partisipasi pemilih,” jelasnya.

Terpisah, ketua PPK Lubuklinggau Barat II, Evrie Antonius mengatakan kalau pihaknya siap untuk menyamakan persepsi dengan Panwascam. Bahkan, telah menginstruksikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), untuk melakukan koordinasi dengan Panitia Pengawas Lapangan (PPL), untuk menghapus data ganda.

“Insya Allah semuanya sudah selesai,” katanya. (aku)

News Feed