oleh

KPU Instruksikan Anggota KPPS Datangi Rumah Sakit

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – KPU Kota Lubuklinggau memastikan warga yang mempunyai hak pilih, tapi sedang terbaring di rumah sakit, dipastikan dapat menggunakan hak pilihnya di Pilkada serentak 2018. Sebab, sudah diinstruksikan anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di TPS terdekat untuk mendatangi rumah sakit, agar masyarakat yang terbaring sakit bisa menggunakan hak suaranya.

Rumah sakit yang bakal didatangi anggota KPPS, yakni Rumah Sakit Siti Aisyah (RSSA), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Sobirin dan Rumah Sakit AR Bunda. Itu dijelaskan Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto, Selasa (26/6).

Menurut Gatot Widjianto, namun tidak semua masyarakat yang terbaring sakit bisa menggunakan hak pilihnya, karena ada persyaratan yang harus dipenuhi mereka, yakni formulir pindah memilih atau A-5 yang dikeluarkan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Bila sudah memiliki formulir A-5, maka warga yang bersangkutan bisa memilih. Namun, bila berasal dari luar wilayah Kota Lubuklinggau, baik berasal dari Kabupaten Muratara maupun Musi Rawas, mereka hanya mendapat surat suara untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel). Karena tidak mempunyai hak memilih Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau, karena syarat memilih merupakan warga di tempat dilangsungkannya proses pemilihan.

Selain pasien atau warga yang terbaring sakit, baik dokter maupun perawat serta pegawai lainnya yang bekerja di rumah sakit bisa menggunakan hak pilihnya. Namun, tetap dengan catatan syarat memiliki formulir A-5.

“Baik dokter, perawat, security maupun karyawan lainnya bisa menggunakan hak suaranya ketika didatangi anggota KPPS,” jelas Gatot Widjianto.

Mengingat pentingnya untuk menggunakan hak suara, maka Gatot Widjianto kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kota Lubuklinggau, baik yang sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan mendapatkan formulir C6 KWK. Maupun, yang memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El), untuk mendatangi TPS pada pukul 07.00 WIB untuk yang terdaftar di DPT, dan untuk yang memiliki KTP-El dan Surat Keterangan datang pukul 12.00 WIB. (01)

Rekomendasi Berita