oleh

KPU Gelar Bimtek Silon

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bintek) Sistem Informasi Pencalonan (Bimtek Silon) bagi operator Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014, sebab mereka yang melakukan pengusungan di Pilkada 2018 mendatang.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Kamis 22 November 2017 di Hotel SMart Jalan Yos Sudarso Kelurahan Jawa Kanan SS, Kecamatan Lubuklinggau Timur II.

Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto melalui Kasubag Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Hironimus Emil Mbeko, Bimtek Silon bertujuan memberi informasi kepada operator, baik operator parpol maupun operator Bakal Calon (Balon) Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau jalur perseorangan.

“Dalam Bimtek nanti akan kami jelaskan berbagai mekanisme pencalonan, dan tahapan kapan dilakukannya penyerahan syarat dukungan perseorangan, jadwal pendaftaran ke KPU,” kata Hironimus, Rabu (22/11).

Menurut Nimus, selain itu akan dijelaskan mengenai dukungan yang Memenuhi Syarat (MS) hingga yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Khusus untuk kandidat yang maju lewat jalur perseorangan, ada waktu perbaikan seandainya dukungan yang diperoleh tidak memenuhi ambang batas yang sudah ditetapkan oleh KPU Kota Lubuklinggau, yakni 15.470 sesuai dengan PKPU No. 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan.

“Kapan jadwalnya penyerahan syarat dukungan, hingga perbaikan akan kita jelaskan dengan detail kepada operator kandidat,”jelasnya.

Saat ini, dilanjutkan Nimus, yang telah dikirimi undangan untuk mengikuti Bimtek sebanyak 12 partai peserta Pileg 2014 dan operator bakal calon kandidat yang sudah berniat untuk maju di Pilkada mendatang. Dengan pemateri, Divisi Teknis KU Lubuklinggau, Gatot Widjianto dan Kasubag Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Hironimus Emil Mbeko. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita