oleh

KPU Gelar Bimtek Aplikasi Silon

“Kita melakukan Bimtek untuk memperkenalkan sistem aplikasi rencana Pilkada 2018. Jadi, untuk calon dari parpol cukup menyerahkan berkas pencalonan baik soft copy dan hard copy kepada KPU untuk di-upload di Silon,” Divisi Hukum KPU Lubuklinggau, Lukman Hakim.

LINGGAU POS ONLINE, JAWA KANAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, memberikan Bimbingan Tehnis (Bimtek) mengenai sistem informasi pencalonan (Silon) di Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau tahun 2018. Dalam Bimtek tersebut, KPU mengundang operator dari 12 partai politik (Parpol) peserta Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014, serta operator kandidat yang akan maju lewat jalur perseorangan, dalam hal ini operator dari H Toyeb Rakembang-Sofian. Adapun ke 12 parpol tersebut yakni, Partai NasDem, PKB, PKS, PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PPP, Hanura, PBB dan PKPI.

Divisi Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim mengatakan tujuan dilakukannya Bimtek Silon untuk memberi informasi dan pelatihan kepada operator parpol dan kandidat independen, mengenai informasi tentang pencalonan.

“Sebagai penyelenggara kami sudah berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang prima, baik kepada parpol maupun kandidat yang akan maju lewat jalur perseorangan. Dengan prinsip pelayanan senyum untuk mengabdi kepada masyarakat,” kata Lukman Hakim, Kamis (23/11).

Menurut Lukman, pelayanan dengan senyum merupakan perwujudan tanggung jawab KPU Kota Lubuklinggau, untuk memberikan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pemilihan, untuk mempermudah pencalonan dalam Pilkada 2018 mendatang.

“Makanya, kita melakukan Bimtek untuk memperkenalkan sistem aplikasi rencana Pilkada 2018. Jadi, untuk calon dari parpol cukup menyerahkan berkas pencalonan baik soft copy dan hard copy kepada KPU untuk di-upload di Silon,”jelasnya.

Sementara, untuk kandidat yang maju lewat jalur perseorangan sudah ditetapkan oleh KPU Kota Lubuklinggau, yakni 15.470 sesuai dengan PKPU No. 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan.

“Penyerahan syarat dukungan perseorangan sudah bisa diserahkan ke KPU Lubuklinggau, pada 25-29 November ini. Jadi, kalau ada kandidat yang akan maju lewat jalur perseorangan, sudah bisa menyerahkan dukungan di jadwal yang sudah ditentukan ini,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Seketaris DPC PBB Kota Lubuklinggau, Tomi Mafinal mengatakan kalau pihaknya sudah mengetahui mekanisme pengusungan yang akan dilakukan di Pilkada 2018. Yakni, mengisi form B1KWK tentang surat keputusan DPP PBB di Pilkada Lubuklinggau, yakni ke H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar.

Di situ, lanjut Tomi, ketika dukungan sudah di daftarkan ke KPU, parpol tidak diperkenankan untuk menarik dukungan lagi. Tapi, ketika belum mendaftar, arah dukungan bisa saja berubah. Artinya, dukungan parpol tidak bisa berubah lagi ketika sudah mendaftar ke KPU.

“Namun, untuk PBB sudah dipastikan dukungan ke H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar,” ungkap Tomi. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita