oleh

KPU Ganti Seluruh APK Rusak

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, akan memperbaiki seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon (Paslon) Walikota-Wakil Walikota yang mengalami kerusakan. Pasalnya, saat ini masih dalam proses pemasangan APK.

Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Lubuklinggau, Deby Arianto menjelaskan, seluruh APK Paslon dicetak dan dipasang oleh KPU, melalui pihak ketiga.

“Sebenarnya, kerusakan dari APK sudah tidak tanggung jawab KPU lagi. Namun, dikarenakan masih dalam tahap pemasangan APK, maka seluruh APK yang rusak atau hilang akan kita pasang kembali, mulai baliho, spanduk hingga umbul-umbul,” jelas Deby Arianto, Senin (16/4).

Bahkan, saat ini KPU Kota Lubuklinggau sedang mendata jumlah APK yang sudah mengalami kerusakan tersebut, baliho yang diganti.

Namun, dilanjutkan Deby, ketika sudah selesai proses pemasangan, APK yang mengalami kerusakan bukan lagi tanggung jawab KPU, tapi sudah menjadi tanggung jawab Paslon maupun Timses.

“Kalau masih juga rusak atau hilang, bisa diganti, dan diserahkan kepada Paslon untuk mencetak kembali sesuai ukuran yang telah ditetapkan, serta dipasang pada titik yang rusak. Namun sebelum dicetak ulang mereka harus terlebih dahulu menyampaikannya kepada KPU,” ungkapnya.

Masih dikatakan Deby, untuk baliho pihaknya telah memasang 4 baliho Paslon yang tersebar di empat kecamatan. Sementara untuk spanduk setiap kelurahan dipasang satu spanduk, sedangkan untuk umbul-umbul 20 lembar untuk masing-masing Paslon di setiap kecamatan.

Untuk diketahui, beberapa titik APK Paslon sudah rusak atau dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya di Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, hanya tersisa satu spanduk Paslon nomor urut 1, sementara yang lainnya hilang. Tapi, di Kelurahan Kenanga, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, spanduk Paslon nomor urut 1 rusak sedangkan yang lain berdiri kokoh. Bahkan, baliho ukuran raksasa milik H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar (NanSuko) yang terpasang di simpang empat, Kelurahan Simpang Periuk, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, malah roboh atau rusak parah. Sementara dua baliho lainnya masih berdiri kokoh. (01)

Rekomendasi Berita