oleh

KPU Buka Pendaftaran Jalur Perseorangan

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubuklinggau, didampingi Kasubag Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Hironimus Emil Mbeko mengatakan kalau Sabtu, (25/11) kandidat Bakal Calon (Balon) Walikota-Wakil Walikota jalur perseorangan, sudah bisa menyerahkan syarat dukungan, yakni sebanyak 15.470. hal itu sesuai dengan Peraturan KPU No. 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan.

Menurut Hironimus, dukungan tersebut harus tersebar di lima kecamatan dari delapan kecamatan yang ada di Kota Lubuklinggau. Dan wajib untuk memberikan softcopy dan hardcopy atas dukungan yang sudah diperoleh. Selain itu, syarat dukungan harus di-upload ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Bahkan, pihaknya telah melakukan simulasi mengenai hal itu, dan operator dari tim Pasangan Calon (Paslon) independen sudah paham mengenai hal itu.

“Kita telah melakukan simulasi mengenai tata cara upload dukungan. Jadi, saat pendaftaran ke KPU sudah bisa dipastikan hal itu sudah di lakukan operator Paslon yang akan mendaftar,” kata Hironimus, Jumat (24/11).

Dikatakan Nimus, ketika pendaftaran pihaknya akan langsung melakukan penelitian terhadap syarat dukungan yang sudah ditentukan tersebut, baik softcopy dan hardcopy atas dukungan. Jadi, kalau dianggap tidak memenuhi syarat maka berkasnya akan langsung dikembalikan, dan Paslon diberi kesempatan untuk melengkapi syarat.

“Penyerahan syarat dukungan Paslon perseorangan di buka dari 25-29 November. Misalnya, ada Paslon yang mendaftar di tanggal 25 November dan syaratnya dinyatakan tidak memenuhi syarat, maka bisa mendaftar di hari berikutnya. Tapi, kalau daftar tanggal 29 November, dan berkasnya tidak memenuhi syarat maka bisa dipastikan tidak bisa mendaftar lagi, karena tahapannya sudah lewat,” jelasnya.

Maka dari itu, dirinya mengimbau kepada kandidat yang akan maju lewat jalur independen, untuk sesegera mungkin menyerahkan syarat dukungan. Sebab, bukan tidak mungkin saat penyerahan masih ada syarat yang belum dilengkapi. Dan memang penyerahan syarat dukungan kandidat dilakukan lebih awal dibandingkan kandidat dari jalur partai politik. Sebab, diperlukan verifikasi faktual terhadap berkas dukungan yang disampaikan kandidat tersebut.

Sementara itu, balon Walikota Lubuklinggau yang berniat untuk maju lewat jalur perseorangan, Toyeb Rekembang mengatakan kalau dirinya sudah siap mendaftar. Dan pendaftaran akan dilakukan pada Senin (27/11).

“Insya Allah, Senin (27/11) kita mendaftar. Memang syarat yang ditetapkan KPU Lubuklinggau sudah lengkap, karena kita dapat dukungan lebih dari 15.470. Kita dapat dukungan dari 25.000 masyarakat, ini riil,” kata Toyeb. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita