oleh

KPU Buka Pendaftaran Calon Perseorangan

“Nanti, ketika kandidat mendaftar akan langsung kita verifikasi, apakah sudah memenuhi syarat yang sudah ditetapkan atau tidak. Misalnya, syarat kita harus dapat dukungan dari 15.470 masyarakat, tapi dukungan dari kandidat saat daftar di bawah itu, maka berkasnya akan langsung kita kembalikan hari itu juga,” kata Gatot Widjianto.

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubuklinggau, akan membuka pendaftaran calon perseorangan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lubuklinggau, yakni 25-29 November 2017. Namun, sesuai dalam Peraturan KPU No. 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan, pada 9 Oktober KPU akan mengumumkan hal itu ke masyarakat dengan memublikasikannya ke awak media.

Menurut Divisi Teknis KPU Lubuklinggau, Gatot Widjianto, syarat nyalon di Pilkada lewat jalur perseorangan adalah harus mendapat dukungan 15.470. Selain itu, dukungan tersebut harus tersebar di lima kecamatan dari delapan kecamatan yang ada di Kota Lubuklinggau. Dan wajib untuk memberikan softcopy dan hardcopy atas dukungan yang sudah diperoleh.

“Nanti, ketika kandidat mendaftar akan langsung kita verifikasi, apakah sudah memenuhi syarat yang sudah ditetapkan atau tidak. Misalnya, syarat kita harus dapat dukungan dari 15.470 masyarakat, tapi dukungan dari kandidat saat daftar di bawah itu, maka berkasnya akan langsung kita kembalikan hari itu juga,” kata Gatot Widjianto, di ruang kerjanya, Senin (6/11).

Namun, dilanjutkan Gatot saat pendaftaran syaratnya telah melampaui target yang sudah ditentukan, maka akan dilakukan penelitian oleh KPU, apakah ada yang ganda atau tidak. Kalau, ada yang ganda dan dukungannya tidak mencapai syarat, maka berkasnya akan dikembalikan ke kandidat yang bersangkutan. Tapi, bila sudah melampaui syarat, akan dilanjutkan ke verifikasi faktual mengkroscek dukungan yang sudah diperoleh tersebut.

“Satu persatu akan kita kroscek kelapangan, melalui PPS (Panitia Pemungutan Suara, red) apakah syarat dukungan ini real atau tidak. Misalnya, kalau pada kenyataannya syarat dukungan tidak real, bila ditemukan ada sanggahan dari masyarakat, dan ia membuat pernyataan tidak pernah memberi dukungan. Maka, dengan sendirinya dukungan tersebut akan batal,” jelasnya.

Jadi, kalau berdasarkan hasil verifikasi dukungan yang diperoleh Tidak Memenuhi Syarat (TMS), maka berkas akan dikembalikan ke kandidat. Misalnya, berkas dikembalikan pada 28 November, artinya masih ada kesempatan satu hari lagi untuk kandidat melengkapi berkas. Namun, bila berkas dikembalikan setelah masa pendaftaran berakhir, bisa dipastikan kandidat yang bersangkutan tidak bisa maju lewat jalur perseorangan. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita