oleh

KPU Bocorkan Teknis Kerja PPDP

“Setiap rumah yang sudah di-Coklit di tempel stiker, kalau belum artinya belum di-Coklit oleh petugas PPDP,”kata ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri.

LINGGAU POS ONLINE, JAWA KANAN – Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, mulai melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) pada 20 Januari hingga 18 Februari.

Hal ini, disampaikan oleh Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri ketika mengisi materi dalam pembekalan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) dalam rangka Coklit pada Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau, periode 2018-2023, di Hotel SMart Kelurahan Jawa Kanan, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Jumat (19/1).

Menurut Eef sapaan Ketua KPU Lubuklinggau, petugas PPDP akan mendatangi satu persatu rumah penduduk yang ada di wilayah Kota Lubuklinggau. Dan petugas PPDP itu sudah dibekali, supaya tidak sembarangan dalam melakukan Coklit.

“Mereka sudah dibekali. Dan PPL bisa tahu, rumah-rumah mana yang sudah didatangi petugas PPDP, karena setiap rumah yang sudah didatangi pasti ditempel stiker,” jelas Eef.

Jadi, dilanjutkan Eef, PPL bisa tahu kalau ada rumah masyarakat yang belum didatangi oleh petugas PPDP, karena stiker di rumah tersebut belum ditempel stiker.

“Intinya, petugas PPDP tidak bisa nembak pucuk kudo (tidak mendatangi rumah masyarakat, red). Sebab, hal itu akan ketahuan, dan kami sebagai penyelenggara siap menerima masukan ataupun koreksi dari Panwaslu beserta jajarannya, termasuk PPL,” tegasnya.

Sebab, masih dikatakan Eef jika petugas PPDP tidak benar-benar melakukan Coklit, akan menimbulkan masalah. Karena, Coklit jadi penentu tinggi dan rendahnya partisipasi pemilih nantinya.

“Kami berharap, Panwaslu beserta jajarannya, yakni Panwascam dan PPL untuk mengawasi petugas kami di lapangan. Demi suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

Untuk diketahui, petugas PPDP dalam melaksanakan Coklit harus mendatangi pemilih dari rumah ke rumah, kemudian mencontreng data pemilih bila cocok pada kolom keterangan form A-KWK. Kalau tidak cocok memperbaikinya dengan form A-KWK. Selanjutnya, mencoret data pemilih yang tidak memenuhi syarat, mencatat pemilih yang belum terdaftar, memberikan tanda bukti pendaftaran A.A.1-KWK, mengisi dan menempel stiker form A.A2 KWK per KK di bagian depan rumah serta berkoordinasi setiap hari sekali ke PPS. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita