oleh

KPU Belum Terima Calon Perseorangan

“Bakal Paslon perseorangan harus mengumpulkan dukungan sebayak 15.470. Ketika jumlah dukungannya di bawah itu, maka berkasnya akan langsung dikembalikan saat itu juga,” kata ketua KPU Lubuklinggau, Efriadi Suhendri.

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA –Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, sudah dua hari membuka kesempatan Pasangan Calon (Paslon) Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau 2018 dari jalur perseorangan, untuk menyerahkan berkas, Minggu (26/11). Tapi, belum ada satu pun kandidat yang daftar.

Hasil pantauan di lapangan, meski di hari libur aktivitas di sekretariat KPU Kota Lubuklinggau yang berada di Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, berjalan di seperti biasa. Namun, meja penerimaan berkas bakal Paslon perseorangan yang sudah dibuka sejak pukul 08.00 WIB-16.00 WIB, tampak belum ada kegiatan. Tapi, sudah ada 12 petugas di persiapkan untuk melakukan verifikasi saat penerimaan berkas, mereka siap siaga untuk menerima kedatangan dari bakal Paslon perseorangan. Bahkan, Ketua KPU Lubuklinggau, Efriadi Suhendri, Divisi SDM KPU Lubuklinggau, Debi Arianto, Divisi Hukum KPU Lubuklinggau, Lukman Hakim serta Kasubag Teknis KPU Lubuklinggau, Hironimus Emil Mbeko, juga siaga di kantor.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri mengatakan di hari kedua ini belum ada bakal Paslon perseorangan yang daftar. Namun, pihaknya sudah menerima konfirmasi dari satu bakal Paslon perseorangan, yakni H Toyeb Rakembang-Sofian yang akan menyerahkan berkas Senin (27/11).

“Iya dia (H Toyeb Rakembang-Sofian, red) sudah melakukan koordinasi, melalui tim penghubungnya,” kata Efriadi Suhendri.

Menurut Eef, tim penghubung dari H Toyeb Rakembang-Sofian sudah meminta username dan password untuk memasukkan data dukungan sistem informasi pencalonan (Silon).

Sebab, dukungan bakal Paslon harus di unggah ke Silon berupa KTP-El atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan setempat. Setelah soft copy diunggah melalui Silon, bakal Paslon perseorangan mendatangi KPU untuk menyerahkan hard copy berkas bukti dukungan. Jadi, bila ada dukungan yang ganda akan langsung tersisir. Misalnya, Jika ada dukungan ganda, akan langsung terdeteksi oleh sistem, baik internal maupun eksternal kalau ada Paslon independen lain.

“Intinya, bakal Paslon perseorangan harus mengumpulkan dukungan sebayak 15.470. Ketika jumlah dukungannya di bawah itu, maka berkasnya akan langsung dikembalikan saat itu juga,” ungkapnya.

Terpisah, H Toyeb Rakembang membenarkan kalau pihaknya sudah melakukan koordinasi dan konfirmasi ke KPU Kota Lubuklinggau, mengenai perihal penyerahan syarat dukungan Paslon perseorangan. Bahkan, ia menyatakan sudah mendapat dukungan sebanyak 25.000, atau melampaui target yang sudah ditetapkan oleh KPU Lubuklinggau. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita