oleh

KPU Bekali Relawan Demokrasi

Linggau Pos Online, 

MUSI RAWAS – Senin (28/1), KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) akan memberikan pelatihan kepada 55 Relawan Demokrasi. Pelatihan diberikan agar para Relawan Demokrasi ini dapat sosialisasi kepada masyarakat, sehingga pesta demokrasi itu berjalan dengan baik.

Komisioner KPU Kabupaten Mura, Syarifudin mengatakan ada 11 basis yang akan disasar oleh Relawan Demokrasi yakni, basis pemilih pemula dengan menyasar pemilih yang berusia 17-22 tahun. Kemudian, basis anak muda dengan menyasar organisasi-organisasi kepemudaan, basis perempuan untuk menyasar pertemuan-pertemuan kelompok perempuan seperti, PKK, Posyandu dan kelompok perempuan lainnya.

Selanjutnya, basis keluarga untuk menyasar suku, golongan, dan pertemuan-pertemuan keluarga. Basis keagamaan, relawan memanfaatkan pertemuan-pertemuan keagamaan yang dilakukan masyarakat untuk sosialisasi Pemilu. Selanjutnya, basis disabilitas, pemilih khusus dan kelompok marginal yang selama ini jarang tersentuh sosialisasi seperti, orang dengan difabel, orang pinggiran, buruh perkebunan, petugas dan warga binaan di Lapas.

“Para relawan diharapkan menjadi simpul-simpul, di tengah masyarakat sebagai bagian dari pendidikan pemilih dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih. Baik secara kuantitas maupun kualitas,” kata Syarifudin, Minggu (27/1).

Menurutnya, pembentukan Relawan Demokrasi itu bertujuan meningkatkan kualitas Pemilu dan meningkatkan partisipasi Pemilu. “Semoga partisipasi masyarakat dapat meningkat dari sebelumnya,” jelasnya.

Terpisah, Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi SDM dan Parmas, Andre Affandi mengatakan pihaknya juga akan melakukan pengukuhan sekaligus pelatihan Relawan Demokrasi. Hal itu dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada para Relawan Demokrasi, dalam melaksanakan tugasnya sebagai perpanjangan tangan KPU menyukseskan Pemilu 2019. (aku)

 

Rekomendasi Berita