oleh

KPU Bakal Tutup Pendaftaran Parpol Tahap Dua

Instruksi KPU RI

“Dari empat Parpol yang sudah mendaftar, baru PKPI dan PBB yang berkasnya dinyatakan lengkap, karena telah melampirkan syarat-syarat pendaftaran, baik fotokopi KTA maupun KTP,” kata Kasubag Hukum KPU Lubuklinggau, Misran Ayudi.

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, kembali membuka pendaftaran keanggotaan Partai Politik (Parpol), hal itu sesuai dengan instruksi KPU RI yang tertuang dalam Surat Keputusan KPU RI No. 205/HK.03.1-Kpt/03/KPU/XI/2017 Tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pemeriksaan Dokumen Persyaratan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 Pasca Putusan Bawaslu RI.

Hanya saja, sampai Selasa (21/11) KPU Kota Lubuklinggau baru menerima berkas empat dari sembilan Parpol yang dinyatakan berhak untuk mendaftarkan keanggotaannya, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Republik dan PIKA. Sedangkan Partai PPPI, Persindo, PBI dan Partai Republikan sama sekali belum pernah melakukan koordinasi. Khusus untuk Partai Idaman, mereka hanya melapor dan menunjukkan Surat Keputusan (SK) Parpol, tapi belum mendaftarkan keanggotaannya ke KPU Lubuklinggau.

“Dari empat Parpol yang sudah mendaftar, baru PKPI dan PBB yang berkasnya dinyatakan lengkap, karena telah melampirkan syarat-syarat pendaftaran, baik fotokopi KTA maupun KTP,” kata Divisi Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim melalui Kasubag Hukum KPU Lubuklinggau, Misran Ayudi, di ruang kerjanya.

Menurut Yudi, untuk Partai Republik dan PIKA berkasnya belum bisa diterima oleh KPU Kota Lubuklinggau, dikarenakan ada syarat yang belum dilengkapi. Seperti, pengurus PIKA sudah melampirkan berbagai persyaratan, mulai dari SK pengurus hingga fotokopi KTA, tapi mereka belum melampirkan fotokopi KTP dari orang-orang yang sudah masuk dalam struktur kepengurusan.

“Bagaimana kita berkasnya bisa diverifikasi, kalau fotokopi KTP anggotanya tidak dilampirkan. Sebab, verifikasi susulan ini, mekanismenya sama dengan yang pertama, maka dengan sangat terpaksa berkasnya kita kembalikan,” jelasnya.

Dikarenakan masa pendaftaran akan berakhir pada Rabu (22/11), maka dirinya menghimbau kepada seluruh pengurus partai yang dinyatakan lolos untuk segera mendaftar, sebab bila tidak mendaftar hingga batas waktu yang sudah ditetapkan, akan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), untuk wilayah Kota Lubuklinggau.

Sekedar mengingatkan, KPU Kota Lubuklinggau telah melakukan penelitian administrasi keanggotaan dari 13 Parpol, seperti Perindo dengan jumlah kepengurusan yang memenuhi syarat 926 orang. Partai Golkar 846 orang, PDIP 281 orang, Partai NasDem 667 orang, PPP 523 orang, PAN 640 orang. PKS 269 orang, Partai Berkarya 308 orang, Partai Hanura226 orang, Partai Demokrat 322 orang, PKB 277 orang, Partai Gerindra 403 orang dan Partai Garuda 256 orang. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita